Selasa

Merencanakan Layout Situs Anda

Persiapan yang matang akan menghasilkan hasil sempurna.

Anda percaya?

Ok. Kita lanjutkan bahasan kita tentang tahapan lanjutan cara merencanakan situs web affiliate.

Untuk membangun situs web affiliate, anda juga perlu persiapan supaya situs anda siap tampil. Tak bisa anda hindari, membuat situs perlu persiapan yang matang dan perencanaan yang bagus supaya bisa memberi hasil maksimal.
Kita telah belajar bagaimana perencanaan membuat situs. Mulai dari memiliki ide untuk tema situs, hingga merencanakan bagian-bagian situs dan halaman web. Setelah itu semua, lalu apa yang harus anda lakukan? 

Selanjutnya, anda pikirkan tentang layout dan template buat situs web anda. Setelah semua rencana di atas anda persiapkan, segera bergerak, Situs anda telah siap launching. 

Ok… kita omongkan satu persatu. Kita mulai dari layout (tata letak) situs web. Perlu anda ketahui, umumnya setiap situs web memiliki empat elemen layout.  

1. website header 
Website header, seperti namanya ia berada di bagian atas (head = kepala). Bagian ini menentukan pola situs web anda. Anda dapat menaruh nama situs web, logo, dan gambar-gambar yang ada kaitan dengan tema situs anda disini. 

Trus, bagaimana membuat website header yang menarik? 
 • Buatlah header proporsional. Tidak terlalu besar ataupun tidak terlalu kecil. Header yang terlalu besar selain tidak serasi, juga menghabiskan ruangan buat content situs web. (Sebagai perbandingan, cobalah bayangkan jika orang berkepala amat besar dengan tubuh yang amat kecil.) 
• Sebaiknya, jangan memuat gambar-gambar yang akan memberatkan file anda. Supaya, pengunjung gampang mengakses situs web anda.  

2. skema navigasi 
Sebuah desain situs web yang baik akan memudahkan pengunjung dalam mencari informasi. Oleh sebab itu, jangan membuat menu navigasi yang membingungkan. Adanya flash atau animasi mungkin menarik, namun bisa jadi akan membingungkan pengunjung. 

Anda dapat menata letak navigasi anda pada : 
 • Bagian Atas (Top Navigation). Ini biasa digunakan buat menghubungkan halaman-halaman utama situs web. Namun, jangan menggunakan terlalu banyak link di bagian ini. Supaya pengunjung tidak hanya melihat ke atas dan bawah saja, tapi juga samping kanan dan kiri. 
• Bagian kanan/kiri (left/right navigation). Gunakan bagian ini buat menghubungkan halaman yang memuat keterangan rinci atau detail dalam situs web anda. 

 3. bagian isi situs (main body) Pada bagian ini anda dapat memasukkan isi situs web anda. Usahakan layout di bagian ini gampang dan nyaman untuk dibaca. 
• Letakkan isi terpenting dari situs web anda seperti headline dalam surat kabar. Jadi, pengunjung langsung mengetahui bagian inti dari isi tulisan anda. 
• Beri ruang yang pas untuk bagian isi. Ini dimaksudkan agar memudahkan pengunjung membaca halaman situs web.  

4. website footer Bagian footer berarti bagian kaki atau bawah. Anda dapat menaruh link-link dan informasi tentang situs web anda di bagian ini. Biasanya berisi seperti ini; 

Contact Us. Ini dapat membuat pengunjung percaya pada situs web sebab mereka dapat menghubungi anda. 
Privacy Policy. Ini dapat meningkatkan kredibilitas anda. 
About Us. Ini bersifat pilihan. Dapat anda cantumkan atau tidak. 
Sitemap. Bagian ini penting bila situs web anda berhalaman banyak 

 Serupa itulah bagian-bagian situs web. Dan agar lebih mudah, anda dapat pakai template. Ini akan banyak menghemat waktu anda. Serta membikin bagian-bagian situs web anda tetap konsisten dari satu halaman ke halaman lain. 

Tapi, apapun yang anda pilih, anda harus tetap melakukan perencanaan. Sebab ini penting untuk memetakan persoalan atau tantangan yang mungkin dihadapi. Hingga dengan begitu, setelah launching, situs web anda dapat berkembang dengan cepat tanpa kendala yang berarti. 

Sekian posting kali ini moga bermanfaat!

Baca Selengkapnya......

Minggu

Dengan Content Gratis, Untung anda akan Bertambah!

Hello bro !

Kita jumpa lagi di blog bisnis internetnya, kali ini kita akan membicarakan tentang content gratis

Masih ingat saat pertama kali anda mengenal blog? Saat itu barangkali anda berpikir kenapa blogger mau menyediakan content secara gratis yang membuat anda dapat mengakses layanan itu kapanpun, tanpa harus membayar.

Padahal, di sekitar kita, hal-hal gratisan sepertinya makin susah saja ditemukan. Media massa cetak seperti koran dan majalah sebagian besar berbayar. Walaupun ada yang gratis, biasanya kita harus siap-siap melihat iklan yang porsinya hampir memenuhi seluruh halaman.

Begitupun untuk “urusan” mendasar-mendesak kita. kayak buang hajat umpamanya, hampir di setiap terminal yang menyediakan toilet, ada penjaga dan kotak duit yang bertuliskan nominal tertentu. Lantas kenapa di dunia internet malah banyak gratisnya ya?

Jika anda memang berminat menekuni bisnis internet, hal ini salah satu konsep penting yang mesti anda ketahui. Kenapa anda memberikan content secara gratisan, dan anda tetap bisa mendapatkan penghasilan yang melimpah.


Salah satu penyebab mengapa internet menjadi bisnis masa depan, selain disebabkan biaya rendah, jangkauannya luas dan dapat diakses kapanpun, adalah kemampuan internet menyediakan banyak hal secara gratis. Siapa yang tak tertarik dengan barang gratis?


Ada artikel, lagu, dan banyak hal lainnya yang bisa didapatkan secara gratis di internet. Disebabkan kemampuannya itu, maka internet mempunyai daya tarik yang luar biasa di mata setiap orang. Mereka menjadikan internet sebagai salah satu pilihan utama dalam menemukan hal yang diinginkannya secara GRATIS.


Jika gratis, lalu mendapatkan hasilnya dari mana? Bukankah bisnis selalu berpatok pada seberapa besar biaya yang dikeluarkan dan berapa hasil yang didapat? Tenang. Saya akan menjelaskannya lebih jauh pada anda.


Di internet, banyak fasilitas yang dapat anda pakai secara gratis. Anda bisa mendapat domain gratis, hosting gratis, dan berbagai hal gratis yang lainnya. Dengan semuanya itu anda dapat memberikan content gratis. Anda dapat membikin content sebanyak yang anda mau. Karena, content merupakan aset terpenting. Sebab yang pengunjung cari adalah content.


Bagi pebisnis, barangkali mendapat untung adalah yang terpenting. Mereka selalu menginginkan duit dari setiap pengunjung. Ini wajar saja dan sangat manusiawi. Namun ingat, pengunjung selalu lebih tertarik terhadap segala sesuatu yang berbau gratis.


Seperti saya katakan di atas, dewasa ini jarang sesuatu yang bisa didapatkan secara cuma-cuma. Jangankan gratis, menemukan barang murah saja tidaklah mudah. Jika begitu, kenapa anda harus memberikan sesuatu secara gratis pada pengunjung? Mari kita dapatkan jawabannya.


Sebelumnya, anda tentu pernah berbelanja di supermarket atau mall. Sebelum memilih tempat itu anda tentu punya pertimbangan. Kenapa anda tidak belanja di toko atau pasar saja? Begitupun sewaktu anda berbelanja anda kembali harus menentukan pilihan. Anda lebih memilih sebuah produk dibanding produk lainnya. Mungkin banyak pertimbangannya. Barangkali karena harga, merk, kualitas, dan berbagai macam pertimbangan lainnya. Namun tidak jarang pula kita rela mengeluarkan duit lebih banyak terhadap suatu produk. Kenapa? Sebab kita mempercayai produk itu.


Ya, kepercayaan itulah yang membuat kita mau mengeluarkan lebih banyak duit. So, bagaimana cara pemilih merek itu membuat anda percaya? Pertanyaan yang sama berlaku bagi blogger yaitu bagaimana cara membangun keyakinan pengunjung?


Ada dua cara. Pertama, anda mesti meningkatkan kualitas isi blog Anda. Caranya, isi blog harus menarik. Bikinlah pelanggan enggan memalingkan muka saat melihat content blog anda. Atau, buat mereka merasa mendapatkan yang dibutuhkan dari blog anda. Mengenai kiat menulis content dapat di baca di sini.


Cara kedua, produk anda harus punya value tinggi. Ini yang tidak dapat anda ciptakan dengan seketika. Untuk memilikinya anda mesti membangun kepercayaan pengunjung. Bila perlu, ciptakanlah slogan yang mensugesti. Seperti Berhenti Melamun Mulai Beraksi!


Supaya blog anda menarik, gratiskanlah content. Dengan begitu blog anda akan ramai dan popularitas anda meningkat. Bila blog anda ramai, pengunjung yang membeli produk anda juga pasti akan bertambah.


Content gratisan juga berperan penting untuk membangun brand. Dengan brand yang kuat, produk yang anda jual pun punya nilai lebih. Pengunjung akan jadi berpikir begini:”Bila yang gratis saja seperti ini kualitasnya, bagaimana kalau yang berbayar. Tentu lebih bagus.”


Nah, itulah salah satu alasan mengapa anda mesti memberikan content gratis. Selain untuk berbagi ilmu, mengalirkan traffic, juga meningkatkan brand image dan produk anda. Setuju?


Oke ! sampai jumpa di blog belajar bisnis internetnya..bye bye!

Baca Selengkapnya......

Sabtu

Memilih Web Host yang Berkualitas

Salam jumpa !

Jumpa lagi di blog belajar bisnis internetnya, sudah banyak kita bicara tentang blog, situs web, situs web afiliasi dsb. Kali ini kita akan bicara lagi tentang affiliate.

Anda tahu apa lagi yang amat penting menentukan kemajuan untuk situs web affiliate anda?

Benar! . Jawabnya, adalah web host.

Web host yang anda pilih untuk situs web anda, akan menjadi salah satu penentu kualitas situs web anda. Sebab semua layanan web host yang anda pergunakan akan mempengaruhi kinerja situs web anda.

Dari sekian banyak web host, tentu mereka memiliki kelemahan dan kelebihan. Nah, supaya anda bisa mencari yang paling cocok untuk anda, setidaknya anda harus paham betul “web host yang baik dan berkualitas itu seperti apa”?

Di bawah ini saya punya sedikit gambaran tentang web host yang baik dan berkualitas. Paling tidak web host yang bermutu memiliki ciri-ciri berikut:


• Memberi jaminan dan profesional


Sebaiknya, pilih web host yang memberi jaminan situs web kita akan selalu bisa diakses, bahkan dalam kondisi apapun (seperti terjadi bencana alam,banjir dsb). Sebab sebentar saja situs web kita tidak online, itu artinya uang kita terbuang percuma. Tak masalah untuk menggunakan web host yang sedikit lebih mahal, asalkan ada jaminan tetap online.


Nah selain itu, pilihlah web host yang profesional. Professional tidaknya sebuah web host bisa dilihat dari ada tidaknya data centre. Di data centre ini, web host akan mengontrol koneksi internet situs web kita, memiliki power backup, ruang pengontrol cuaca, dan staf yang akan selalu memantau situs web kita kapanpun.


Jadi, walau ada gempa bumi, banjir atau bencana apapun juga, situs web anda akan tetap online dan gampang diakses.


• Ada Layanan Customer Service


Web host bermutu biasanya menyediakan layanan telepon 24 jam bagi pelanggannya. Jadi kapanpun situs web anda bermasalah, anda dapat menelepon web host anda.


• Menyediakan Control Panel


Web host menyediakan control panel untuk situs web kita. Dengan control panel, anda dapat login ke dalam account anda setiap saat.


Control panel paling tidak memiliki fasilitas:


1. Upload, edit, atau menghapus file
2. Membuat, mengedit, atau menghapus folder
3. Mengatur email account
4. Membuat, mengedit, dan menghapus subdomain.
5. Melihat tampilan statistic situs web anda.


• Ada akses ke traffic log


Anda dapat mengakses traffic log yang mencatat setiap pengunjung yang mendatangi situs web anda. Traffic log biasanya mencatat search engine yang digunakan pengunjung, keyword yang digunakan, halaman mana yang mereka kunjungi, berapa lama mereka melihat situs web anda, dan info lainnya. Satu lagi, anda dapat mengakses traffic log kapanpun anda inginkan.


• Menyediakan kapasitas yang memadai


Web host menyediakan kapasitas penyimpanan yang sangat memadai untuk kebutuhan situs web anda. Sehingga anda dapat leluasa mengisi situs web anda dengan jenis file apapun (gambar, teks, video, dll). Dan anda juga dapat meminta tambahan kapasitas penyimpanan kapan pun anda membutuhkannya.


Seperti di atas sebagian ciri-ciri web host yang berkualitas. Bila anda masih bingung, dapat anda mulai coba untuk mencari lebih jauh dengan search engine. Tapi patokan di atas dapat anda pakai untuk menilai baik tidak sebuah web host.


Semoga bermanfaat untuk anda. Ada yang mau berbagi pengalaman? Silahkan!


Sampai jumpa di waktu mendatang, diblog belajar bisnis internetnya bye bye!!

Baca Selengkapnya......

Kamis

Cara Memilih Nama Domain yang Menarik

Hello pebisnis online

Jumpa lagi di blog belajar bisnis internetnya, kali ini kita akan posting tentang cara memilih nama domain yang memikat.

Pada posting2 yang lalu diblog belajar bisnis internet ini, telah kita bahas segala sesuatu tentang blog diantaranya :Cara Menulis yang Menarik untuk keberhasilan blog anda, Cara mudah membuat blog sukses spektakuler, Bagaimana mempromosikan blog anda supaya menghasilkan uang melimpah, dsb

Agar ada penyegaran dikit, kita beralih dulu pada topik tentang domain, biar bagi anda yang ingin belajar bisnis internet, sudah mendapat gambaran bagaimana memilih domain yang baik. Oke kita lanjut !!

Apa arti sebuah nama? Kita acap kali mendengar pertanyaan ini. Kayaknya nama tidak begitu penting. Tapi, ada juga yang bilang, nama adalah doa.

Apa anda juga berpendapat seperti itu?


Bila anda seorang affiliate marketer, nama itu amat penting. Nama berarti nama domain untuk situs web anda. Dan, nama domain ini berfungsi untuk mempromosikan produk merchant.


Nah, apa anda masih bingung akan mendaftarkan domain anda di mana?


Anda dapat mendaftarkan domain anda di domain registrar. Ada ratusan registrar yang menawarkan layanan registrasi domain, diantaranya Yahoo Domains (domains.yahoo.com) dan GoDaddy (www.godaddy.com).


Ingat! nama domain memegang peranan cukup penting dalam kesuksesan situs web anda. Jadi, anda tidak boleh semau anda saja memilih domain.


Bagaimana memilih nama domain yang dapat membawa keberuntungan?
Anda boleh memakai tips-tips di bawah ini…


Nama domain menggambarkan situs web anda.


Pilih nama domain yang menggambarkan situs web anda. Artinya, pilihlah nama domain yang mengandung keyword situs web anda. Apa maksudnya? Agar, situs web anda dapat ikut muncul dalam search listing kapanpun pengunjung meng-klik keyword yang berhubungan dengan situs web anda.
Selain itu, masukkan keyword dalam nama domain juga menggampangkan kerja search engine mengurutkan daftar keyword.


Carilah nama domain yang pendek dan mudah diingat.


Disaat memilih nama domain, anda harus ingat banyak pengunjung yang akan langsung mengetik nama domain anda tiap kali akan berkunjung ke situs anda.


Jika anda memilih nama domain yang terlalu panjang, pengunjung akan kesulitan mengingatnya. Bahkan dapat saja pengunjung malah salah mengetik nama domain. Yang akhirnya nyasar ke situs web lain dan sangat mungkin situs web anda akan terlupakan.


Apa sih nama website-nya?? Seingatku kemarin ini. Kok ini nggak bisa lagi ya?” Kalimat seperti ini yang mungkin mereka ucapkan.


Jadi, sebaiknya jangan menggunakan nama domain yang terdiri lebih dari tiga kata. Atau, jikapun terpaksa terlalu panjang, berikan tanda strip (-) untuk memisahkan kata per kata.


Salah satu cara agar nama domain anda gampang diingat pengunjung, gunakanlah kata-kata sederhana yang mudah diingat.


Anda juga dapat mencoba kunjungi klikdisini.com. Situs web ini akan membantu anda mempersingkat domain anda. Layanan gratis ini akan membuat alamat jadi lebih singkat sehingga lebih mudah diingat.


Pilihlah nama domain berakhiran “.com”

 
Bagi masyarakat awam, yang namanya internet itu pasti diidentikkan dengan “.com”. Apapun yang berbau internet tentu berembel-embel “.com” di belakangnya, begitu kata orang-orang.


Itu benar!! Domain berakhiran “.com” kayaknya telah melekat di benak setiap orang. Meski sebenarnya masih ada akhiran/ekstensi domain lainnya seperti “.edu”, “.net”, “.org”. Sayangnya, domain-domain ini tidak setenar .com.


Nah, supaya situs web anda lebih mudah populer dan gampang diingat masyarakat luas, lebih baik gunakan ekstensi “.com”.


• Amankan domain anda dari pesaing.

 
Bila anda telah mendaftarkan sebuah nama domain, anda bisa mengembangkan nama domain itu dengan variasi lain. Umpamanya, anda sudah mendaftar menggunakan nama mydress.com, anda dapat lakukan variasi dengan mendaftarkan my-dress.com.


Atau, daftarkan pada domain lain seperti .net atau .org. menjadi mydress.net dan mydress.org.


Mengapa repot-repot meluaskan variasi nama domain?


Maksudnya, supaya pesaing anda tidak bisa menyempitkan traffic anda.


• Perbarui domain. 


Disaat anda sudah terlalu sibuk dengan usaha online, anda dapat meminta layanan auto-renew-domain pada registrar anda. Supaya saat anda lupa atau tidak ada waktu untuk mengurusi perpanjangan domain ini, registrar akan memperbarui domain anda secara otomatis. Hingga, domain anda tidak akan dihapus oleh registrar.


• Kunci domain anda. 


Registrar biasanya mengunci domain anda untuk mencegah pihak-pihak lain mencuri atau memindah domain anda.


• Jangan cantumkan data diri anda.


Sewaktu mendaftarkan nama domain, jadilah anonim. Maksudnya, mendaftarlah tanpa identitas. Supaya, identitas anda tidak bisa terdeteksi WHOIS.


WHOIS adalah database yang bisa mengungkap informasi semua pemilik domain. Nah, melalui sistem database ini pula, pesaing anda bisa tahu semua hal tentang situs web anda.


Nah!… sekarang renungkan baik-baik nama domain yang paling pas untuk situs web anda. Atau anda telah menemukan nama terbaik?


Yah! Nama domain tidak hanya berarti doa tapi juga strategi promosi…


Oke deh, sampai disini dulu perjumpaan kita di blog belajar bisnis internetnya bye bye!

Baca Selengkapnya......

Jumat

Membikin Blog Berteman dengan Search Engine

Hello !

Jumpa lagi, posting kali ini yaitu tentang cara membikin blog yang bersahabat dengan search engine, saya yakin anda semua sudah tahu tentang peran search engine yang begitu penting untuk keberhasilan sebuah blog, betapapun bagus dan lengkap blog yang anda bikin klo ngak bersahabat dengan search engine tentu tidak ada orang yang tahu tentang keberadaan blog anda (hehe..kecuali klo anda kasih tau sama temen2 anda ), okey..kita lanjut!!

Banyak kawan, banyak rejeki. Itulah yang kita percayai sejak zaman kakek-nenek kita dahulu. Karena biasanya kawanlah yang akan selalu menemani kita baik saat senang maupun susah. Misalnya, tengah senang karena kelahiran putra pertama, tentu kawan ikut kita hubungi. Begitupun bila sedang kesulitan keuangan, tentu kawanlah tempat pertama mencari bantuan … 


Kawan pula yang biasanya selalu mendorong kemajuan kita. Lewat motivasinya, kita didukung untuk terus maju. Peluang-peluang bisnis pun tak jarang yang datang karena ikatan persahabatan. Pokoknya, punya kawan tak ada ruginya. Justru selalu mendatangkan keuntungan.


Begitupun dalam hal ngeblog. Kita juga harus punya banyak kawan. Agar traffic blog kita bisa cepat menjulang. Tanpa punya kawan, bisa dipastikan blog kita akan kekurangan pengunjung. Tak ada yang mau peduli terhadap blog yang kita punyai. Tak ada yang memberi saran, kritikan, maupun sanjungan. Sebab itu, perbanyaklah punya kawan.


Dalam perkara ngeblog, kawan pertama yang wajib anda punya adalah “search engine”. Kenapa? Ya sebab lewat search engine lah biasanya pemakai internet mencari informasi. Bila blog anda tak muncul di search engine, tentu tak banyak yang bakal tahu dan berkunjung ke blog anda. Dengan bersahabat baik dengan search engine, amat sangat mungkin blog anda akan berada di urutan kelompok teratas hasil pencarian search engine.


Untuk menjadi kawan search engine, tentu blog anda harus dikenal terlebih dulu olehnya. Maksudnya agar blog anda tercantum dan diindeks oleh search engine. Inilah tahap penting pertama yang harus anda lewati.


Secara umum, ada dua cara untuk melakukannya.


Pertama, anda diam saja menunggu search engine berkunjung ke blog anda. Jika anda memilih cara ini, saya sarankan memakai Blogger atau Wordpress. Sebab konon blog di kedua penyedia ini akan terindeks secara otomatis ke search engine paling lambat dua hari.


Cara kedua adalah dengan berinisiatif menemui search engine. Daftarkan blog anda pada mereka. Tak harus ke semua search engine, cukup pilih saja search engine terkemuka seperti Google, Yahoo, dan MSN.


Bila anda sudah punya blog selain di Blogger dan Wordpress, memang membutuhkan waktu lebih lama buat search engine untuk menemukan blog anda. Tapi tak usah khawatir, ada cara yang dapat mempercepatnya.


Bikinlah link dengan blog atau website lain. Biasanya ketika si spidernya search engine mengunjungi sebuah blog/website, ia juga akan memeriksa link-linknya. Buatlah link sebanyak mungkin agar blog anda cepat ditemukan search engine. Serta pilihlah blog yang populer atau banyak pengunjungnya. Sebab blog yang terkenal biasanya sering didatangi spider-nya search engine.


Saya percaya kalau anda lakukan itu, dalam sehari blog anda sudah muncul di search engine.


Gampang kan? Jadi, berkenalanlah dan bertemanlah dengan search engine…

Baca Selengkapnya......

Selasa

8 Cara mudah Membuat Blog Sukses Spektakuler

Hello…
Kita jumpa lagi dalam blog belajar bisnis internetnnya, kali ini kita akan bahas tentang cara mudah membuat blog sukses spektakuler.

Barang kali banyak orang memanfaatkan blog hanya untuk kesenangan pribadi. Misalkan sebagai tempat curhat, menuliskan keluh kesah atau pengalaman yang dialami. Atau bisa juga untuk berbagi informasi, menuliskan informasi penting supaya banyak orang yang bisa mengetahuinya. Sebagai tempat latihan menulis juga bisa. Tujuan lainnya, blog dapat juga dipakai untuk tempat menyimpan catatan-catatan penting anda.

Tapi, apapun tujuan anda ngeblog, yang jelas blog dapat pula mendatangkan keuntungan tak terhingga buat anda. Blog dapat mendatangkan duit tanpa henti masuk ke kantong anda. Enak kan? “Sekali menyetir, dua tempat terlewati”. Sambil tetap ngeblog dan tidak kehilangan hobby anda, dapat pula menambah tebal kantong anda. Namun bagaimana caranya? 

Tentu itu yang ingin anda tanyakan. Tentunya blog anda harus menarik minat banyak pengunjung dan membikin mereka betah untuk berulang kali mampir ke blog anda. Di sini saya bagikan 8 cara yang penting anda perhatikan supaya blog anda sukses spektakuler.


1. Tetapkan URL yang konsisten. Dalam membikin blog, URL anda harus konsisten. Artinya, jangan diganti-ganti. Sekali saja anda mengganti URL blog, berarti anda harus kerja keras mempopulerkannya kembali. Blog yang telah mulai akrab dengan search engine, akan hilang begitu saja. Begitupun koneksi yang sudah anda bangun selama ini. Sebab itu URL amat penting. Didalam menentukan URL, sebaiknya pilih nama yang gampang diingat. Prinsip lainnya, dapat di baca di sini.
2. Pilihlah topik yang tepat. Dulu pernah saya katakan, bekerja di bidang yang dicintai membikin kita lebih gampang sukses. Disaat membuat blog, hal ini harus menjadi bahan pertimbangan. Jangan memaksakan diri di bidang A bila anda suka bidang B. Bekerja di bidang yang anda sukai tentu membuat anda lebih bersemangat. Bila bingung mau memilih topik blog apa? Gampang! Solusinya dapat anda temukan di cara memilih topik blog yang menarik seperti magnet.
3. Tampilkan content bermutu. Saya jamin, tak ada yang akan menolak barang berkualitas yang gratis. Begitu pula dengan blog anda. Jagalah kualitas content blog anda. Dengan begitu, pengunjung akan kesengsem dan gampang kembali ke blog anda. Bila ingin isi blog anda jadi bagus, baca di sini.
4. Promosikan blog anda. Undang pengunjung sebanyak mungkin untuk mampir ke blog anda. Umpamanya, dengan aktif menulis di milis. Dapat pula dengan aktif berkomentar di blog yang ramai pengunjungnya. Bisa juga dengan memanfaatkan social network yang sesuai dengan target pembaca anda. Dan banyak lagi cara lainnya. Yang penting, anda jangan pernah berhenti untuk mempromosikannya. Memang barang kali menghabiskan banyak waktu. Namun hasil yang anda petik pasti sepadan dengan usaha anda.
5. Tingkatkanlah keterampilan teknis. Setelah mempunyai blog, jangan lupa untuk meningkatkan keterampilan anda mengelola blog. Banyak hal yang dapat dipelajari seperti mengenai SEO, HTML, dan lain-lainnya. Dan barangkali tak akan pernah ada habis-habisnya. Namun yang penting, setelah anda pelajari, langsung praktekkan. Agar pengetahuan anda jadi melekat dan bermanfaat. Dengan semakin menguasai hal teknis, blog anda tentu akan tampil unik dan jauh lebih menarik.
6. Lakukanlah riset dan evaluasi. Jangan bosan buat meningkatkan kualitas blog anda. Karena itu, lihatlah blog ‘tetangga’ dan bandingkan dengan blog milik anda. Serap hal-hal yang menurut anda baik buat diterapkan di blog anda. Dengan selalu melakukan riset dan evaluasi, blog anda pasti akan lebih baik hari demi hari.
7. Janganlah surut langkah. Sekali anda memutuskan ngeblog, jangan pernah mundur. Meski mungkin anda menemui kenyataan tak seindah impian. Seperti meski anda telah jungkir balik promosi, namun pengunjungnya cuma segitu saja. Atau page rank blog anda masih ada di urutan paling belakang. Sekali lagi, jangan pernah mundur langkah. Kesulitan itu hal yang wajar. Dan anda mesti belajar menyelesaikannya. Hadapilah kesulitan anda, bukan dihindari!
8. Berani berkorban. Untuk meraih kesuksesan anda mesti berkorban lebih dulu. Bila anda telah memilih membikin blog, kelolalah dengan baik. Jangan pernah disia-siakan. Fokuskan perhatian anda pada blog anda. 


Cara di atas barangkali sudah sering anda temui. Namun, jangan dulu berkomentar basi. Cobalah satu-persatu, tentu nantinya anda akan terkejut melihat pengunjung blog anda jauh lebih ramai dari yang anda duga. Bila sudah begitu, mau pilih sumber penghasilan blog yang manapun, tentu akan lebih mudah mewujudkannya.


Nah..anda dah pahamkan..bye !

Baca Selengkapnya......

Minggu

7 Cara Menulis yang Menarik Untuk Keberhasilan Blog anda

Hello !

Jumpa lagi, pada posting hari ini kita akan membicarakan tetang kiat-kiat menulis blog yang baik dan diminati para pengunjung, ok kita lanjut!!

Umumnya blogger pemula banyak yang merasa kesulitan mengisi content blog. Banyak pula yang merasa tidak mampu menulis content yang menarik. Saya dulu juga demikian. Selalu merasa ada yang kurang dengan tulisan saya. Terus bertanya,“Apa akan ada banyak orang yang tertarik dengan tulisan saya?”

Namun, sekarang syukurlah tidak lagi. Sudah lumayan pengunjung blog saya. Anda mau tahu kiat-kiat menulis isi (content ) yang menarik agar pengunjung meledak? Begini kiatnya:

1. Menulis dengan sepenuh hati. bila anda menulis dengan sepenuh hati tanpa ada perasaan terpaksa saya yakin semuanya akan berjalan lancar. Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam mencari kata-kata. Mengalir saja, tulis semua yang ingin anda tulis. Blog yang baik itu biasanya punya content asli dan ditulis sepenuh hati. Jadi, anda dapat menulis apa saja yang anda sukai supaya jiwa anda terasa masuk dalam tulisan. Selain itu, tulisan anda juga tidak terkesan dipaksakan.
2. Menulis yang bermanfaat. Blog yang berhasil mengerti apa yang disukai para pembacanya. Setiap orang yang mengakses blog seperti ini tidak akan pergi dengan tangan hampa. Mereka punya hal-hal baru yang bermanfaat dan setiap pembaca dapat menerapkan manfaat ini untuk kepentingan mereka. Jadi, kita harus menulis sesuatu yang berguna untuk orang banyak. Berikanlah informasi yang anda punyai untuk semua pengunjung. Supaya, pengunjung tidak merasa sia-sia telah berkunjung ke blog anda.
3. Cari solusi untuk persoalan orang lain. Pertama kali sebelum mencoba memecahkan masalah orang lain, anda harus tahu betul siapa saja pembaca blog anda. Jadi anda dapat menganalisis kesulitan apa saja yang biasanya mereka hadapi. Nah, seterusnya anda bisa membantu mereka menemukan solusi yang pas untuk masalah itu. Tapi bila anda belum punya pembaca (biasanya dialami blogger baru) anda dapat membaca blog lain yang punya target pembaca yang sama dengan anda dulu. Anggap saja ini blog reference anda. bila anda benar-benar blank tidak punya ide untuk menawarkan solusi pada pembaca. Coba saja pelajari persoalan-persoalan yang biasa diutarakan pengunjung blog reference anda. Biasanya di bagian komentar pengunjung suka mencurahkan masalah-masalah mereka. Lalu anda tulis pemecahan masalah mereka itu menurut versi anda sendiri.
4. Jangan hanya menulis tentang diri sendiri. bila anda terlalu banyak menulis tentang diri anda, nanti malah banyak pembaca yang tidak suka. Mereka akan menyangka anda membuat blog hanya karena ingin pamer. Gawat bukan kalau sudah demikian? Apa anda pernah menemui blog yang isinya seperti buku harian? Saya kira banyak juga ya jumlahnya. Dan kayaknya model blog curhat seperti ini tidak banyak disukai pengunjung. Kecuali bila isi tulisan mereka mengandung banyak informasi yang berguna untuk pengunjung. Bukan hanya menulis kegiatan harian seperti menulis di buku diary saja. Nah, jadi apa yang harus anda ingat supaya blog anda tidak seperti buku harian? Anda seharusnya mengingatkan diri anda kalau anda menulis di blog bukan hanya ditujukan buat diri anda sendiri. Namun anda juga menulis untuk banyak pengunjung di seluruh penjuru dunia. Berbagi apa yang anda alami tapi juga bagikan apa yang dipelajari banyak orang. Jangan hanya melulu membicarakan diri anda sendiri.
5. Sentuhlah pembaca anda. Coba buat interaksi dengan semua pembaca anda. Caranya bagaimana? Tidak hanya membalas komentar yang pembaca berikan. Tapi, anda dapat membuat sejenis kontes yang menarik minat pengunjung anda. Umpama bagi pemberi komentar diberi hadiah ebook.
6. Buatlah headline yang menarik. Headline atau judul tulisan jadi salah satu faktor penentu banyak atau tidaknya pengunjung yang tertarik dengan blog anda. Kenapa? Ya karena siapapun yang ingin join di blog pasti membaca judul tulisan anda dulu. Betapapun menariknya content anda bila judulnya tidak menarik hati pengunjng, ya sia-sia saja. Jadi, untuk membuat judul tulisan yang memikat, anda dapat belajar dari blog lain. Perhatikan saja judul-judul yang ada di blog-blog terkenal. Pelajari apa yang membikin judul itu dapat memikat anda. Lalu silakan meniru model judul yang membuat anda tertarik ini. Apa mereka banyak memakai kalimat tanya, memakai judul how to, memakai kalimat imperatif atau bahkan judulnya singkat seperti headline koran? Anda boleh meniru model yang anda minati.
7. Fokus terhadap hal yang penting saja. Jangan merepotkan diri anda dengan hal-hal yang tidak mendatangkan manfaat banyak untuk traffic blog anda. Umpamanya, anda terlalu asyik mencari gambar yang sempurna untuk blog anda. Atau terlalu lama mendesain layout dan mengutak-atik format halamannya. Tentukan hal apa sih yang paling penting untuk blog anda? Dan fokus pada hal yang penting ini saja. Jangan membuang waktu anda dengan aktivitas yang membuat anda terlena. Kalau buat saya sendiri menulis content dan berinteraksi dengan pembaca itu dua hal yang lebih penting dari apapun. Hingga saya mengurangi saja aktivitas yang tidak berkaitan dengan dua hal ini. Jadi saya dapat menggunakan waktu saya yang lain untuk hal yang lebih produktif tentunya.
Ketujuh kiat di atas dapat anda terapkan dalam enam macam artikel kunci blog. Dan kalau anda merasa content anda masih belum cukup menarik, singkirkan perasaan itu. Baik tidaknya content itu ditentukan pembaca, bukan anda.
Nah, sekarang apa anda masih merasa kesulitan untuk menulis content yang menarik? Bila jawabannya iya, mari kita bahas bersama-sama. Mari kita berbagi di sini. Saya tunggu ya…bye!

Baca Selengkapnya......
Template by : kendhin ScriptMurah