Sabtu

Memilih Web Host yang Berkualitas

Salam jumpa !

Jumpa lagi di blog belajar bisnis internetnya, sudah banyak kita bicara tentang blog, situs web, situs web afiliasi dsb. Kali ini kita akan bicara lagi tentang affiliate.

Anda tahu apa lagi yang amat penting menentukan kemajuan untuk situs web affiliate anda?

Benar! . Jawabnya, adalah web host.

Web host yang anda pilih untuk situs web anda, akan menjadi salah satu penentu kualitas situs web anda. Sebab semua layanan web host yang anda pergunakan akan mempengaruhi kinerja situs web anda.

Dari sekian banyak web host, tentu mereka memiliki kelemahan dan kelebihan. Nah, supaya anda bisa mencari yang paling cocok untuk anda, setidaknya anda harus paham betul “web host yang baik dan berkualitas itu seperti apa”?

Di bawah ini saya punya sedikit gambaran tentang web host yang baik dan berkualitas. Paling tidak web host yang bermutu memiliki ciri-ciri berikut:


• Memberi jaminan dan profesional


Sebaiknya, pilih web host yang memberi jaminan situs web kita akan selalu bisa diakses, bahkan dalam kondisi apapun (seperti terjadi bencana alam,banjir dsb). Sebab sebentar saja situs web kita tidak online, itu artinya uang kita terbuang percuma. Tak masalah untuk menggunakan web host yang sedikit lebih mahal, asalkan ada jaminan tetap online.


Nah selain itu, pilihlah web host yang profesional. Professional tidaknya sebuah web host bisa dilihat dari ada tidaknya data centre. Di data centre ini, web host akan mengontrol koneksi internet situs web kita, memiliki power backup, ruang pengontrol cuaca, dan staf yang akan selalu memantau situs web kita kapanpun.


Jadi, walau ada gempa bumi, banjir atau bencana apapun juga, situs web anda akan tetap online dan gampang diakses.


• Ada Layanan Customer Service


Web host bermutu biasanya menyediakan layanan telepon 24 jam bagi pelanggannya. Jadi kapanpun situs web anda bermasalah, anda dapat menelepon web host anda.


• Menyediakan Control Panel


Web host menyediakan control panel untuk situs web kita. Dengan control panel, anda dapat login ke dalam account anda setiap saat.


Control panel paling tidak memiliki fasilitas:


1. Upload, edit, atau menghapus file
2. Membuat, mengedit, atau menghapus folder
3. Mengatur email account
4. Membuat, mengedit, dan menghapus subdomain.
5. Melihat tampilan statistic situs web anda.


• Ada akses ke traffic log


Anda dapat mengakses traffic log yang mencatat setiap pengunjung yang mendatangi situs web anda. Traffic log biasanya mencatat search engine yang digunakan pengunjung, keyword yang digunakan, halaman mana yang mereka kunjungi, berapa lama mereka melihat situs web anda, dan info lainnya. Satu lagi, anda dapat mengakses traffic log kapanpun anda inginkan.


• Menyediakan kapasitas yang memadai


Web host menyediakan kapasitas penyimpanan yang sangat memadai untuk kebutuhan situs web anda. Sehingga anda dapat leluasa mengisi situs web anda dengan jenis file apapun (gambar, teks, video, dll). Dan anda juga dapat meminta tambahan kapasitas penyimpanan kapan pun anda membutuhkannya.


Seperti di atas sebagian ciri-ciri web host yang berkualitas. Bila anda masih bingung, dapat anda mulai coba untuk mencari lebih jauh dengan search engine. Tapi patokan di atas dapat anda pakai untuk menilai baik tidak sebuah web host.


Semoga bermanfaat untuk anda. Ada yang mau berbagi pengalaman? Silahkan!


Sampai jumpa di waktu mendatang, diblog belajar bisnis internetnya bye bye!!

0 komentar:

Template by : kendhin ScriptMurah