Kamis

Cara Memilih Nama Domain yang Menarik

Hello pebisnis online

Jumpa lagi di blog belajar bisnis internetnya, kali ini kita akan posting tentang cara memilih nama domain yang memikat.

Pada posting2 yang lalu diblog belajar bisnis internet ini, telah kita bahas segala sesuatu tentang blog diantaranya :Cara Menulis yang Menarik untuk keberhasilan blog anda, Cara mudah membuat blog sukses spektakuler, Bagaimana mempromosikan blog anda supaya menghasilkan uang melimpah, dsb

Agar ada penyegaran dikit, kita beralih dulu pada topik tentang domain, biar bagi anda yang ingin belajar bisnis internet, sudah mendapat gambaran bagaimana memilih domain yang baik. Oke kita lanjut !!

Apa arti sebuah nama? Kita acap kali mendengar pertanyaan ini. Kayaknya nama tidak begitu penting. Tapi, ada juga yang bilang, nama adalah doa.

Apa anda juga berpendapat seperti itu?


Bila anda seorang affiliate marketer, nama itu amat penting. Nama berarti nama domain untuk situs web anda. Dan, nama domain ini berfungsi untuk mempromosikan produk merchant.


Nah, apa anda masih bingung akan mendaftarkan domain anda di mana?


Anda dapat mendaftarkan domain anda di domain registrar. Ada ratusan registrar yang menawarkan layanan registrasi domain, diantaranya Yahoo Domains (domains.yahoo.com) dan GoDaddy (www.godaddy.com).


Ingat! nama domain memegang peranan cukup penting dalam kesuksesan situs web anda. Jadi, anda tidak boleh semau anda saja memilih domain.


Bagaimana memilih nama domain yang dapat membawa keberuntungan?
Anda boleh memakai tips-tips di bawah ini…


Nama domain menggambarkan situs web anda.


Pilih nama domain yang menggambarkan situs web anda. Artinya, pilihlah nama domain yang mengandung keyword situs web anda. Apa maksudnya? Agar, situs web anda dapat ikut muncul dalam search listing kapanpun pengunjung meng-klik keyword yang berhubungan dengan situs web anda.
Selain itu, masukkan keyword dalam nama domain juga menggampangkan kerja search engine mengurutkan daftar keyword.


Carilah nama domain yang pendek dan mudah diingat.


Disaat memilih nama domain, anda harus ingat banyak pengunjung yang akan langsung mengetik nama domain anda tiap kali akan berkunjung ke situs anda.


Jika anda memilih nama domain yang terlalu panjang, pengunjung akan kesulitan mengingatnya. Bahkan dapat saja pengunjung malah salah mengetik nama domain. Yang akhirnya nyasar ke situs web lain dan sangat mungkin situs web anda akan terlupakan.


Apa sih nama website-nya?? Seingatku kemarin ini. Kok ini nggak bisa lagi ya?” Kalimat seperti ini yang mungkin mereka ucapkan.


Jadi, sebaiknya jangan menggunakan nama domain yang terdiri lebih dari tiga kata. Atau, jikapun terpaksa terlalu panjang, berikan tanda strip (-) untuk memisahkan kata per kata.


Salah satu cara agar nama domain anda gampang diingat pengunjung, gunakanlah kata-kata sederhana yang mudah diingat.


Anda juga dapat mencoba kunjungi klikdisini.com. Situs web ini akan membantu anda mempersingkat domain anda. Layanan gratis ini akan membuat alamat jadi lebih singkat sehingga lebih mudah diingat.


Pilihlah nama domain berakhiran “.com”

 
Bagi masyarakat awam, yang namanya internet itu pasti diidentikkan dengan “.com”. Apapun yang berbau internet tentu berembel-embel “.com” di belakangnya, begitu kata orang-orang.


Itu benar!! Domain berakhiran “.com” kayaknya telah melekat di benak setiap orang. Meski sebenarnya masih ada akhiran/ekstensi domain lainnya seperti “.edu”, “.net”, “.org”. Sayangnya, domain-domain ini tidak setenar .com.


Nah, supaya situs web anda lebih mudah populer dan gampang diingat masyarakat luas, lebih baik gunakan ekstensi “.com”.


• Amankan domain anda dari pesaing.

 
Bila anda telah mendaftarkan sebuah nama domain, anda bisa mengembangkan nama domain itu dengan variasi lain. Umpamanya, anda sudah mendaftar menggunakan nama mydress.com, anda dapat lakukan variasi dengan mendaftarkan my-dress.com.


Atau, daftarkan pada domain lain seperti .net atau .org. menjadi mydress.net dan mydress.org.


Mengapa repot-repot meluaskan variasi nama domain?


Maksudnya, supaya pesaing anda tidak bisa menyempitkan traffic anda.


• Perbarui domain. 


Disaat anda sudah terlalu sibuk dengan usaha online, anda dapat meminta layanan auto-renew-domain pada registrar anda. Supaya saat anda lupa atau tidak ada waktu untuk mengurusi perpanjangan domain ini, registrar akan memperbarui domain anda secara otomatis. Hingga, domain anda tidak akan dihapus oleh registrar.


• Kunci domain anda. 


Registrar biasanya mengunci domain anda untuk mencegah pihak-pihak lain mencuri atau memindah domain anda.


• Jangan cantumkan data diri anda.


Sewaktu mendaftarkan nama domain, jadilah anonim. Maksudnya, mendaftarlah tanpa identitas. Supaya, identitas anda tidak bisa terdeteksi WHOIS.


WHOIS adalah database yang bisa mengungkap informasi semua pemilik domain. Nah, melalui sistem database ini pula, pesaing anda bisa tahu semua hal tentang situs web anda.


Nah!… sekarang renungkan baik-baik nama domain yang paling pas untuk situs web anda. Atau anda telah menemukan nama terbaik?


Yah! Nama domain tidak hanya berarti doa tapi juga strategi promosi…


Oke deh, sampai disini dulu perjumpaan kita di blog belajar bisnis internetnya bye bye!

1 komentar:

Didik mengatakan...

Mantab's Gan Tip's-nya, biasanya orang malah kepingin tampil keren kalau nama domainnya nama pribadi :p

Template by : kendhin ScriptMurah