Jumat

penyebab terhalangnya keberhasilan bisnis internet anda

Hello kawan

Kita jumpa lagi dalam blog belajar bisnis internetnya, pada postingan kali ini kita akan membahas 3 penghalang keberhasilan bisnis online.

Barangkali anda pernah berkomentar begini: :Rasanya semua tips & trik telah saya coba, tetapi bisnis internet saya kok ngak bisa melejit dengan cepat. Apanya yang salah?”

Aha …sabar dulu. Jangan anda langsung menyalahkan diri sendiri dan menyerah ditengah jalan sebelum kesuksesan anda tercapai. Sekarang saya akan terangkan 3 penyebabnya dibawah ini.

1. Berorientasi jangka pendek.
Bisnis internet memang bisa menghasilkan duit melimpah dalam waktu singkat. Oleh karena itu banyak orang yang tergoda untuk berorientasi jangka pendek. Misalnya hanya dalam waktu satu, dua, tiga, atau enam bulan telah mengharapkan untuk mampu meraih kesuksesan yang luar biasa.

Malangnya bila berpikiran seperti ini, umumnya kalau harapan dan keinginan tidak tercapai, yang akan terjadi malah frustasi dan kecewa yang mendalam dan akibatnya langsung tancap gas meninggalkan bisnis internet..hehe..itu namanya putus asa di langkah awal.

Memang juga ada yang meraih kesuksesan secepat kilat. Tetapi itu hanya sebagian kecil orang saja yang diberi keberuntungan oleh Sang Pencipta. Sebab itu saya tidak tertarik untuk membicarakan masalah keberuntungan, maka disini saya akan tekankan pada anda bahwa perlunya orientasi jangka panjang dalam berbisnis internet.

Ketika saya merencanakan untuk memulai suatu bisnis online, saya tidak pernah mengharapkan kesuksesan itu akan datang secara cepat, misalnya satu, dua, tiga, atau 6 bulan. Sebab jangka waktu itu terlalu pendek. Sebenarnya yang paling logis itu adalah 1 tahun. Sebab kita perlu melakukan penetrasi pasar terlebih dulu, mengenalkan produk kita pada semua orang, memperluas jaringan promosi kita di dunia bisnis internet ini dan banyak lagi hal lainnya.

Maka dalam tahun pertama ini merupakan tahapan yang sangat penting. Sebab disitulah kita diuji untuk terus bertahan dalam menjalankan bisnis online ini, agar terus konsisten dalam melakukan berbagai aktivitas untuk memajukan bisnis internet. Apabila kita tidak kuat, maka akibatnya seperti yang telah saya katakan diatas, kita gampang “tancap gas” alias mundur sebelum berhasil!

Sewaktu memulai bisnis internet, sering saya ibaratkan seperti membesarkan anak bayi. Dimana dibutuhkan banyak waktu dan kesabaran yang berlebih. Dan selalu memberikan perhatian tanpa henti. Setiap memelihara & merawatnya, didalam hati saya selalu tumbuh keyakinan dan percaya diri kalau bisnis ini akan tumbuh dan berkembang semakin besar dan semakin kuat.

Itulah sebabnya saya tidak berharap banyak. Kalau anak bayi yang berusia tiga bulan sudah bisa berjalan, berlari atau bahkan berenang dan memanjat seperti seorang yang sudah dewasa, sebab hal yang seperti itu sangat langka terjadi!! Saya hanya berharap agar proses ini berjalan sesuai waktunya.

Saya juga selalu membiasakan berpikir jauh kedepan. Apapun keputusan yang saya buat saat ini selalu saya pikirkan dampak untuk 1 sampai 5 tahun kedepan. Bahkan untuk keputusan-keputusan yang lebih besar lagi, saya malah berpikir lebih jauh lagi bisa 5-10 tahun ke depan.

Anjuran saya , jika anda ingin sukses dalam menjalankan bisnis online ini, maka berorientasilah jangka panjang. Bukan hanya dalam hitungan bulan saja, tetapi juga dalam jangka waktu beberapa tahun kedepan.

2. Gagal mengoptimasikan.
Bisnis online selalau bersandarkan pada proses yang berjalan nanpa henti. Sebahagian proses itu digerakan oleh tangan-tangan manusia dan sebagian lagi dijalankan oleh teknologi. Sementara itu kian lama perkembangan tennologi akan berlari makin cepat. Nah disitulah dibutuhkan kesediaan kita untuk selalu membuka mata dan telinga. Supaya kita tidak tertinggal dalam mengikuti perkembangan teknologi ini dan dapat menyesuaikan dengan perkembangan bisnis online kita.

Umpamanya anda menyandarkan bisnis intenet anda pada program affiliasi. Maka anda tinggal mengikuti saja bagaimana perkembangan bisnis program affiliasi terbaru dan menerapkannya pada program affililasi yang anda ikuti.

Cara yang paling mudah untuk mengikuti perkembangannya adalah dengan cara mencari informasi lewat search ingine. misal ketik aja “affiliate program improvement”atau kata yang lainnya. Lalu jangan lupa menerapkannya secara berkelanjutan dalam program affiliasi anda.

Optimasi yang sama juga bisa anda terapkap pada aktivitas yang anda ingin lakukan. Umpamanya untuk menggenjot Adsense, coba anda cari dengan “adsense optimization”. Atau untuk mengingkatkan marketing, bisa juga dengan “marketing improvement”.

Prinsipnya janganlah pernah berhenti untuk merawat bisnis online anda. Cobalah berbagai cara untuk mengembangkannya. Dan lakukan secara berlanjut. Walaupun hanya satu jam sehari, tetapi hasilnya akan melebihi yang pernah anda bayangkan sebelumnya.

3. Gagal memasarkannya secara efektif.
Masuk kedunia bisnis online berarti anda harus mau belajar tentang marketing. Karena pesat atau tidaknya bisnis internet anda ini tergantung pada seberapa besar anda memasarkan produk anda itu nantinya.

Tidak harus melewati pendidikan formal untuk mempelajari marketing ini. Anda bisa membaca buku atau belajar dari marketer yang sukses. Misalnya mengikuti seminar-seminar tentang marketing ataupun mendengarkan audio tentang bisnis internet juga bisa anda lakukan. Jangan lupa bergabunglah di forum-forum tentang bisnis online juga sangat membantu untuk meningkatkan kemampuan anda. Dengan belajar marketing akan tahu bagaimana memasarkan produk atau jasa anda pada orang yang membutuhkan, lewat jalur yang tepat dan pada saat yang tepat pula.

Marketing itu bukan hanya soal beriklan saja. Tetapi intinya bagaimana orang banyak mengetahui akan keberadaan produk anda. Anda juga bisa melakukannya dengan lebih aktif berkomentar di blog lain, bertukar link dengan blogger yang lain, menulis artikel, dan banyak hal lainnya yang bisa anda lakukan. Kuncinya disini “jangan pernah berhenti”!!

Dan satu lagi yang penting, jangan merasa ragu untuk memperkenalkan dan menceritakan produk anda kepada orang lain. Yakinlah kalau produk anda sangat berharga dan sangat dibutuhkan oleh orang lain.

Oke sampai disini dulu jumpa kita kali ini pada blog belajar bisnis internetnya, kita jumpa lagi pada posting yang akan datang dengan topik yang selalu menarik!! Sampai Jumpa..


0 komentar:

Template by : kendhin ScriptMurah