Selasa

Bagaimana agar bisa sukses berbisnis online (3)

Salam jumpa!
Pada posting sebelumnya kita telah membahas bagaimana internet mampu membuat kita menjadi pebisnis tangguh dan traffic sebagai kunci bisnis online, kini kita bicarakan mengenai bagaimana mendobrak ketakutan berbisnis online…oke kita lanjut!!

Banyak orang berfikir bahwa rasanya tak mudah membangun bisnis online. Rata-rata menyebut alasannya karena mereka masih newbie. Sehingga perlu banyak belajar mengenai hal-hal yang jangankan pernah tahu, mendengarnya saja mungkin belum. Istilah-istilah teknis macam ping, permalink, RSS feed atau lainnya terdengar menyeramkan di telinga sehingga membuat kita makin takut melangkah.

“Kok rasanya bisnis ini canggih sekali. Apa saya bisa?” Mungkin pikiran itu yang mengendap dalam benak kita.

Memang kadang ada ketakutan yang sangat ketika kita mau memulai sesuatu di luar yang sudah kita kenal. Dalam diri kita, ada semacam sistem pertahanan yang selalu menahan agar kita tak beranjak dari kondisi yang sedang dialami.

Mungkin kondisi yang kita nikmati saat ini belum begitu nyaman, tapi kita dibuat tak berdaya menghadapi bisikan-bisikan penyebar keraguan dalam diri kita. Yang akhirnya membuat kita takut melangkah dan berada dalam kondisi yang sama sepanjang hidup.

Sekedar cerita, ada seorang ibu yang sudah berumur lanjut. Usianya di atas 50 tahun. Ibu ini menggantungkan hidupnya pada satu-satunya usaha: warung tenda. Di warung kecil tersebut ia menjual berbagai makanan yang hampir semuanya ia buat sendiri.

Dari sisi kerja keras, bagi saya, ibu ini luar biasa. Ia memulai aktivitasnya sebelum Subuh saat masih banyak orang terlelap dengan mimpinya, dan mengakhirinya menjelang tengah malam ketika banyak orang sudah beristirahat dengan nyaman.

Lewat usahanya itu, tanpa ada suami yang mendampingi, ia memang berhasil membesarkan anak semata wayangnya. Namun pada usia tua yang menurut saya seharusnya hanya tinggal dinikmatinya saja, ibu itu masih harus bercucur-keringat. Berangkat ke pasar yang jauhnya minta ampun, memasak barang dagangannya, mengurusi warungnya, dan banyak hal lainnya yang ia lakukan sendiri. Tujuannya tak lebih supaya ibu itu tetap bisa bertahan hidup, membayar kontrakan kamar dan sewa tempat usahanya.

Ibu itu juga bercerita, saat usianya belum sesenja sekarang, ia pernah berniat membuka usaha lain. Tapi ia terbentur kira-kira seperti alasan di atas: hanya memasaklah kemampuan yang ia punya, sementara usia sudah terlanjur lanjut untuk belajar hal lain. Sedangkan, untuk memperbesar usaha warungnya, ia terbentur dari modal yang tak pernah terkumpul.

Pelajaran berharga yang saya petik dari pengalaman hidup ibu tersebut adalah perlunya kesiapan kita untuk merancang masa depan sebaik-baiknya. Serta berani untuk belajar di luar bidang yang kita tahu.

Kembali ke soal bisnis online, bila anda ragu melangkah hanya karena istilah-istilah teknis dunia internet yang membuat pusing kepala, saya rasa itu bukan alasan yang tepat. Sebab tak ada yang mungkin di dunia ini. Semua pengetahuan bisa dipelajari. Yang penting anda punya tekad yang kuat untuk tidak menyerah dalam kondisi yang anda jalani.

Coba ingat sebentar. Apakah saat anda masih bayi, anda pikir bisa berjalan dan bergerak seperti saat ini? Saya rasa tidak. Itu semua terjadi selain karena bantuan orangtua dan orang-orang di sekitar anda, juga berkat kemauan dan tekad anda sendiri. Setiap kali anda belajar berjalan, lalu terjatuh namun kemudian dengan cepat anda bangkit kembali. Sampai akhirnya anda bisa berjalan-jalan seperti saat ini.

Hal-hal teknis memang penting. Tapi bukan yang utama. Anda bisa mempelajarinya sambil mulai membangun bisnis online anda. Yang terpenting, anda punya tekad yang kuat berbisnis online. Supaya anda bisa lekas merancang masa depan yang lebih menjanjikan.

Tentunya dibutuhkan keberanian untuk memulainya. Dan memang keberanian adalah salah satu modal dasar pebisnis sukses. Tanpa keberanian, tak akan ada langkah pertama dan langkah-langkah berikutnya sampai anda menuju tujuan.

Saran saya tak usah menunggu sampai anda menjadi pakar internet untuk memulai bisnis online. Sekarang pun anda bisa segera memulainya. Singkirkan keraguan diri anda untuk sukses di bisnis ini.

Sampai disini dulu, kita jumpa lagi pada posting yang akan datang dengan topik yang lebih seru lagi..bye!

0 komentar:

Template by : kendhin ScriptMurah