Rabu

Petunjuk Praktis Membuat Produk Informasi untuk Newbie

Hello Newbie

Pada postingan blog belajar bisnis internet kali ini, saya tujukan buat pendatang baru di bisnis internet atau lebih dikenal dengan istilah Newbie.

Kalau kita tanyakan pada semua pengguna internet “ apa sih yang anda cari sewaktu berselancar di internet? “ semua pasti akan menjawab “mencari informasi!”. Internet ini ibarat gudang data yang menyimpan segala seuatu yang di inginkan orang, apapun yang ingin anda cari dan ketahui, semuanya tentu ada disini.


Jadi, tak heran bila bisnis internet yang paling ramai dan selamanya akan tetap ramai yaitu bisnis informasi. Kalau anda ingin menjadi pebisnis internet yang berhasil, pertama kali cobalah memasarkan produk informasi. Sebab pangsa pasarnya sudah jelas. Ya…setiap orang berselancar internet yang mengunjungi anda bisa jadi calon pelanggan anda.

Bagai mana caranya ? apakah membuat produk informasi itu mudah ?

Ya…jelas mudah! Produk informasi itu bisa berupa software, ebook, audio,video dan produk digital lainnya yang bisa dijual dan dikirim melalui internet. Yang perlu anda ketahui cuma bagaimana cara membuat produk itu. Dan ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan sebelum anda membuat produk informasi. Yaitu :

1. Melakukan riset. Riset ini berkaitan dengan riset tentang keyword, blog, forum, iklan dan semua masalah yang anda hadapi. Jika anda ingin membuat sebuah ebook. Sudah pasti anda akan mencari tema ebook yang paling diminati di internet. Riset keyword ini bisa menjawab tentang kesulitan anda tentang tema ebook. Anda juga harus mencari isu-isu diseputaran produk yang akan anda buat. Siapa saja pesaing anda dan apa saja yang sering di permasalahkan oleh sipembeli atas produk sejenis produk anda. Dan jangan lupa untuk membeli produk pesaing anda. Sebab dari sana anda dapat melihat kekurangan dan kelebihan produk mereka. Setelah anda melakukan survei, cek ulang hasil survei itu. Dan tanyakan pada diri anda, apakah anda benar-benar bisa fokus di produk ini ? Pastikan apa tujuan yang ingin anda capai dengan produk itu.. Apakah anda ingin membantu para peminat bisnis internet atau hanya ingin membangun traffic atau hanya ingin diakui sebagai pebisnis internet atau ingin mendapat penghasilan dari internet. Juga, harus dipelajari baik-baik apakah anda bisa meraih niche tersendiri? Jika anda menjawab Ya, silahkan anda memulai membuat produknya

2. Menulis ebook. Menulis ebook itu tidaklah sesulit yang anda bayangkan. Luangkan waktu beberapa hari untuk memfokuskan pikiran anda. Dan buat outline apa saja yang ingin anda tuangkan dalam ebook anda itu. Selama bahan yang anda kumpulkan sudah lengkap, anda tidak akan kesulitan dalam menulis. Silahkan cari ciri khas tulisan yang akan anda pasang di ebook anda. Setiap penulis punya ciri khas dan gaya masing-masing. Nah…tentu anda perlu juga punya gaya dan ciri khas sendiri bukan! Tapi ingat jangan cepat berhenti pada satu gaya. Anda harus bisa mencari format dan gaya yang paling baik untu ebook dan diri anda sendiri.

3. Menbuat hak cipta digital,sistem pembayaran dan model dari bisnis anda. Pastikan orang tidak bisa dengan bebas mencopy tulisan dan produk anda. Untuk cara pembayaran silahkan pilih yang paling praktis dan pas untuk anda. Pastikan semua orang mudah untuk membeli produk anda. Juga untuk model bisnis anda bisa memilih mana-mana yang lebih atau paling anda sukai. Apakah membership atau program afiliasi? Tetapi kebanyakan produk informasi yang dijual di internet dengan sistim program afiliasi.

4. Strategi marketing. Untuk strategi marketing ini tentu anda harus membuat blog agar supaya anda bisa mempromosikan dan mempublikasikan produk anda sendiri. Juga aktif di forum dan sering membahas topik-topik yang berhubungan dengan produk anda. Jangan lupa sering-sering menulis artikel, terutama sebelum produk anda launching tentunya. Cari kepercayaan pengunjung anda. Dan juga sebarkan iklan. Ciptakan brand anda sendiri. Kalau perlu lakukan joint venture dengan pebisnis lain. Selama anda mendapat keuntungan dari joint venture ini. Tulislah sales letter, ajak semua orang membeli produk anda. Satu hal yang tidak boleh anda anggap remeh. Ini tentang pembuatan nama produk anda. Banyak yang kesulitan untuk memberi nama untuk sebuah produk. Kadang ebooknya sudah siap, tapi nama belum ada

Jadi untuk mengatasi kesulitan ini, ikuti beberapa tips dibawah ini:

• Riset dulu nama-nama produk pesaing anda yang berada di posisi top rank.

• Cari nama yang belum pernah ada di page rank manapun. Bahkan, jangan gunakan nama yang mirip dengan yang sudah ada. Agar, produk anda tidak dikaitkan dengan produk tersebut.

• Buatlah nama yang pendek.

• Nama produk anda harus mudah diingat dan mudah diucapkan.

• Gunakan domain “.com.” Sebab nama domain “.com” lebih mudah diingat semua orang.

• Buatlah nama produk yang sekaligus bisa dijadikan keyword. Jika produk anda adalah keyword yang paling banyak digunakan, otomatis anda mudah melakukan SEO (search engine optimization).

Nah…sekarang bagai mana? Silahkan buat produk anda dan pasarkan! Kesulitan tidak akan datang selama anda punya kemauan, yang penting mau memulai dan jangan berhenti sebelum berhasil!..gampangkan!!

Oke…sampai disini dulu, kita jumpa lagi diblog belajar bisnis internet yang akan datang..sampai jumpa!

0 komentar:

Template by : kendhin ScriptMurah