Kamis

Merangkul Pengunjung Setia

Hello kawan!

Ada pepatah lama mengatakan “sipembeli adalah raja”, ini bukan hanya sekedar motto yang hanya sekedar untuk diucapkan, tahukah anda kalo ini benar-benar anda terapkan dalam semua bisnis anda,..nah anda akan terkejut melihat hasilnya! Oke deh…pada posting kali ini pepatah itu kita robah sedikit “sipelanggan adalah raja”…hehe..hampir sama khan! Yap…kita lanjut aja!!

Pengusaha website itu ibarat pengusaha rumah makan. Selalu berusaha menarik pelanggan setia sebanyak-banyaknya. Orang yang datang ke rumah makan bukan hanya sekedar untuk cari kenyang aja, tapi juga mencari kenyamanan dan pelayanan yang baik tentunya. Begitu juga pengunjung website anda, mereka bukan hanya sekedar mencari informasi, tapi mereka juga ingin dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang ada di website anda.

Sebab pada dasarnya semua orang pasti ingin yang terbaik, anda tentu tidak ingin sipembeli kecewa dan kapok mengunjungi website anda. Nah.. jangan sampai situs anda masuk dalam daftar blacklist para pengunjung.

Sipembeli itu raja dan berkuasa merekalah yang akan menentukan keberhasilan dari situs web anda. Seandainya anda berada dalam situasi yang sama yaitu sebagai si pembeli, tentu anda juga akan bertindak yang sama kan? Pasti mintanya juga aneka ragam :-)

Untuk membuat pengunjung “betah” seharusnya anda sudah pikirkan sebelum anda meluncurkan produk. Hingga saat pengunjung mencoba produk anda, maka mereka sudah merasa ada ke istimewaan atau kelebihan dari produk anda bila dibandingkan dengan produk lainnya yang sejenis. Termasuk juga harga yang pantas dan pelayanan yang baik. Nah klo itu semua mereka dapatkan, saya berani jamin tentu mereka akan merekomendasikan situs anda pada teman-temannya atau orang lain.

Tapi sebaliknya bila si pengunjung merasa tidak nyaman, jangan berharap mereka akan kembali lagi, apa lagi untuk memberitahukan kepada orang lain…itu mustahil!!

Untuk sebagian orang website anda sangat bermanfaat, tapi untuk sebagian lagi ada yang menganggap situs anda tidak menarik sama sekali, bahkan sangat membosankan, ya…klo itu kita harus maklum, sebab setiap orang punya selera yang berbeda.

Namun ingat..anda harus tahan kritik. Sebab kritik itu penting untuk kemajuan situs dan bisnis anda, kita memang tidak bisa menuruti semua keinginan pelanggan atau pembeli sekaligus, sebab nantinya kita akan kesulitan sendiri.

Sebagai sipenjual kita harus berusaha terus untuk mencari rumus “cara menggaet pelanggan setia” kalau cara ini sudah anda temukan, akibatnya produk anda akan laku sendiri nantinya.

Menurut saya buat aja produk yang paling banyak diminati orang. Trus gaet pengunjung dan satukan mereka dengan yang lainnya. Baru kemudian perkenalkan produk-produk anda secara bertahap. Buatlah mereka akrap dengan produk-produk anda itu.

Ingat ya…sebelum membuat website. Tentukan dulu spesialisasi dari produk anda, artinya satu situs untuk satu produk, hingga pangsa pasarnya lebih jelas. Jangan lupa bikin juga rencana anggaran biayanya, dan juga tak kalah pentingnya, berikan hadiah-hadiah yang menarik untuk pengunjung dan pelanggan anda.

Nah…bila ini semua anda terapkan, saya yakin anda akan mendapat pengunjung dan pelanggan setia, gampangkan?

Anda masih punya ide?

Bila anda masih punya ide-ide untuk menarik para pengunjung, ya..segeralah wujudkan ide itu, jangan di tunggu sampai kadaluarsa, kesulitan menuangkan ide? Santai aja deh! Saya juga pernah mengalami hal-hal seperti itu, sekalipun saya sudah punya beberapa website.

Silahkan evaluasi lagi website anda, rencanakan aja keuntungan yang ingin anda capai dari produk anda itu, dan juga pikirkan apa keuntungan yang didapat pelanggan dengan membeli produk anda itu.

Sebenarnya untuk membuat produk yang laris itu tidak perlu membuat atau menciptakan ide-ide yang muluk. Munculkan aja ide-ide yang ada dalam pikiran anda secara bertahap. Dan jangan lupa membuat launching yang menarik tentunya, sebab ini nantinya akan menjadi umpan balik yang sangat menguntungkan.

Terakhir belajar dari pesaing anda juga sangat penting, anda bisa cari informasi kenapa website pesaing anda laris, pasang standar minimal, yaitu paling tidak harus sama dengan pesaing anda itu, tapi anda juga harus selalu berpikir pesaing anda masih jauh diatas anda, ini gunanya untuk memacu ide-ide anda untuk meningkatkan kualitas produk anda agar lebih baik lagi

Yap…sampai disini dulu, sampai ketemu dipuncak sukses!


0 komentar:

Template by : kendhin ScriptMurah