Jumat

Cara Memilih Topik Blog Agar Menarik Pembaca Seperti Magnet

Hello jumpa lagi!

Posting kali ini kita akan membicarakan blog lagi, klo anda dah mampu membangun sebuah blog yang baik, itu artinya anda dah sukses dalam bisnis internet anda ! ngak percaya? Hehe..silahkan anda buktikan sendiri..oke kita lanjut tentang “topik atau tema blog”

Topik atau tema blog amat menentukan keberhasilan blog yang kita bikin. Karena dari situlah pengunjung memutuskan perlu singgah atau tidak di blog kita.

Kalau topiknya tak sesuai yang diinginkan, pengunjung akan langsung pergi mencari blog lain. Tapi bila topiknya cocok, pembaca akan betah dan bahkan tak segan-segan membelanjakan uangnya di blog kita.

Nah topik apa yang seharusnya kita pilih?

Tentu ini yang ingin anda tanyakan. Wajar kok! Pertanyaan ini sering sekali diajukan terutama oleh newbie blogger. Dan tak ada yang salah dengan pertanyaan itu. Sebab memang inilah keputusan awal yang akan menentukan kesuksesan blog anda. Percuma saja kita telah berjalan ratusan kilometer, bila ternyata jalur yang kita pilih keliru. Maksud kita tidak akan pernah tercapai!

Ada beberapa kesalahan umum yang acap kali dilakukan ketika memilih topik atau tema blog:

• Latah. Kebanyakan blogger baru umumnya suka latah. Mereka suka memilih topik blog hanya karena melihat blog lain berhasil dengan topik tersebut. Memang tidak dosa jika mencontoh topik blog yang sudah ada. Namuni ini juga memperlihatkan sejauh mana anda serius mengelola blog anda. Suka latah hanya akan membuat anda selalu menjadi nomer dua. Sebab begitu anda mencontoh suatu blog, blog yang anda contoh telah melangkah lebih jauh. Buka mata dan pikiran! Di dunia maya amat banyak hal yang bisa dieksplorasi. Jangan hanya terpaku dengan tema-tema blog yang telah ada. Cari sesuatu yang baru, yang fresh, yang membikin penduduk dunia maya berkata, ”oh it’s fresh and great topic!”
• Topiknya anda senangi tapi tak banyak orang minat. Ini kesalahan kedua yang acap kali dilakukan. Inginnya sih ingin tampil beda, namun jadinya malah blog anda menderita sebab jarang ada yang berkunjung. Harus juga diperhatikan berapa banyak orang yang tertarik dengan topik blog yang anda pilih. Sebab banyak sedikitnya pembaca berbanding lurus dengan keberhasilan yang ingin anda dapatkan.
• Topiknya tidak anda pahami. Jangan memilih topik blog yang tak anda pahami sama sekali. Disamping dapat membuat anda tersesat, juga sangat mungkin membuat banyak orang lain ikut tersesat. Akibat ekstrimnya, blog anda dicap sebagai penyebar kesesatan. Dan karir anda sebagai blogger akan habis tanpa pernah merasakan keberhasilan sebelumnya!
• Topiknya tidak fokus. Memilih topik yang sangat banyak bisa membikin pembaca bingung dengan blog anda. Jangankan mendapatkan pencerahan dari blog anda, tapi permasalahan yang tengah dicari jalan keluarnyanya oleh pengunjung barangkali bisa tambah tidak karuan. Buat anda sebagai pemilik blog, jangankan mengharapkan kantong-kantong uang berdatangan, tidak dijuluki blogger yang tidak jelas saja sudah mujur. Sebaiknya, pilihlah topik yang fokus. Walaupun memiliki ketertarikan terhadap beberapa bidang, usahakan masih berkaitan. Jelas tidak nyambung kan kalau topik blog anda tentang dunia kecantikan dan bengkel mobil?

Jika bingung dan tidak punya ide sama sama sekali tentang topik blog yang akan dipilih, lalu bagaimana?

Jika pikiran anda sama sekali kosong melompong, cobalah tanyakan pada diri sendiri dan tulis pada sehelai kertas. Apa kesukaan anda? Apa yang anda ingin atau suka? Apa saja pengalaman anda? Yang anda pelajari selama ini apa? Atau kemampuan apa yang sangat membanggakan dari diri anda?

Lalu dari sekian baris topik yang telah ditulis, tentukan topik blog anda. Perhatikan dan ingat, jangan sampai kesalahan-kesalahan pemilihan topik yang diuraikan di atas terjadi pada diri anda.

Umumnya sih kebanyakan blogger memilih topik yang dia suka. Sebab lebih gampang untuk memulai ngeblog. Itu juga yang saya usulkan. Yang perlu, anda KONSISTEN mengolah blog anda dan mencoba mendatangkan TRAFFIC yang tinggi ke blog anda

Mengapa?

Jika tidak konsisten, sebulan dua bulan mungkin anda telah jenuh dengan blog anda. Jelas waktu satu dua bulan itu menjadi terbuang sia-sia. Selain juga uang anda hilang tanpa hasil buat internetan.

Agar tidak seperti itu, selain konsisten, anda harus dapat mendatangkan traffic yang tinggi. Sebab dari sanalah potensi penghasilan anda muncul. Memang lebih gampang makan pepaya daripada mendatangkan traffic. Namun traffic yang tinggi sangat mungkin tercipta—lagi-lagi—tergantung semenarik apa topik blog anda di mata pembaca. Jadi, pilih topik yang memang dicari setiap orang.
Anda masih bingung memilih topik disebabkan banyak hal yang disuka?

Saya sarankan pilih satu lalu SERIUSI dan TEKUNI. Curahkan perhatian pada satu bidang tersebut. Jika anda tidak segera memutuskan, anda tidak akan pernah tahu kalau topik yang anda tentukan itu diminati pengunjung atau tidak.

Sekali lagi, pembaca yang akan menentukan topik blog anda diminat atau tidak. Sebab itu, segeralah tetapkan topik dan mulai ngeblog. Tulis dan lihat bagaimana respon pembaca. Seterusnya, anda dapat melakukan penyesuaian. Apa saja yang masih kurang dari topik yang anda pilih. Perlu dikecilkan lagi atau justru diperlebar? Atau mungkin soal isi blog? Ini akan kita bahas di lain waktu.

Saya tekankan sekali lagi, amat penting memulai ngeblog dengan memilih SATU topik daripada memilih banyak topik. Sebab dengan begitu anda dapat mencurahkan waktu dan tenaga anda. Anda dapat fokus!
Usul lainnya, daripada memiliki banyak blog, sebagai permulaan sebaiknya punya satu blog saja. Sebab dengan begitu konsentrasi anda dalam mengelolanya dapat lebih maksimal.

Selain itu, tetapkan target terhadap blog anda. Tiga atau empat bulan waktu yang cukup baik untuk melakukan evaluasi. Jika dalam waktu itu, blog anda dapat menghasilkan seperti target yang anda targetkan, anda bisa lanjutkan. Namun jika tidak, jangan bimbang untuk berubah. Tukar topik blog anda. Barangkali topik blog anda pasaran? Atau mungkin sedikit orang yang berminat dengan topik yang anda tulis?

Selain mengganti topik, pilihan lainnya anda dapat buat blog baru. Konsekuensinya anda harus mau kehilangan hasil pekerjaan anda selama tiga bulan. Namun tak mengapa. Asalkan anda lihat itu yang terbaik untuk kelangsungan blog anda, tak ada salahnya mencoba. Dan jadikan pengalaman selama tiga bulan sebagai bekal untuk ngeblog lebih lanjut. Bak kata pepatah, pengalaman itu guru yang baik!

Pilihan lainnya? Barangkali anda bisa menjual blog anda. Siapa tahu ada yang berminat. Dan anda bisa buat blog baru… bye bye!!


1 komentar:

aristokrat mengatakan...

klo gitu mampir y
http://aristokrat-scienza.blogspot.com/

Template by : kendhin ScriptMurah