Rabu

Apa sih! yang Salah dengan Blog saya?

Hello…
Jumpa lagi dalam blog belajar bisnis internetnya, dalam artikel kali ini kita akan membicarakan tentang “apa yang salah dengan blog?”

Pertanyaan di atas barangkali selama ini memenuhi pikiran anda. Hingga membuat anda ngak bisa tidur nyenyak dan makan sampe kenyang. Mungkin traffic yang tak kunjung naik, belum masuk top ranking, atau mungkin juga sumber penghasilannya masih seret jadi penyebabnya.

Tetapi syukurlah paling tidak anda tahu kalau ada yang ngak beres dengan blog anda. Dan supaya itu tak terus berlanjut dan membuat anda patah semangat, mari kita coba cari tahu di mana letak ketidak beresannya?

• Tidak punya cukup banyak artikel. Blog anda harus punya cukup banyak artikel. Berapa banyak? Sebagai permulaan ngeblog, paling tidak ada 5 artikel dan kalau dapat 10 artikel yang sudah terposting. Dengan cukup tersedianya tulisan, paling tidak akan memperlihatkan kalau anda benar serius membuat blog ini. Para pembaca kalau melihat blog yang penuh dengan artikel pasti lebih tertarik menyelusuri seluruh isi blog. Bila artikelnya sedikit, apanya yang mau dibaca? Selain akan membuat kesan kalau dalam urusan ngeblog anda masih tergolong ijo alias baru kemarin sore buatnya. Tentu anda juga harus terus kontinyu mempostingkan artikel baru sebagai tanda kalau blog anda masih ‘hidup’.
• Topik Blog yang Tidak Jelas. Blog anda isinya apa? Nah ini perlu anda perjelas dan pertegas lagi. Kebanyakan blog pribadi punya topik yang begitu beragam. Itu ngak masalah asal pembaca anda tahu kalau blog anda berisi tentang topik-topik tersebut. Berarti poinnya disini tinggal bagaimana cara anda menyampaikannya. Sampaikan dengan jelas topik blog lewat artikel yang selalu anda posting, misalnya lewat tagline-nya, dan juga pada halaman yang berisi tentang anda (about page).
• Topik Blog yang Tak Banyak Punya Peminat. Memang tak ada salahnya kalau anda mau membuat blog khusus misalnya tentang “beruang es di kutub utara”. Tapi sepertinya tak banyak yang berminat untuk mencari informasi tersebut. Jadi bisa dipastikan kalau blog anda akan 3S (Sunyi Sepi Selalu). Saya sarankan, topik blog anda sebaiknya tidak terlalu sempit seperti di atas tapi juga tidak terlalu luas. Agar supaya selain bisa lebih fokus mengelolanya, juga akan mempermudah anda membuat perbedaan dengan blog yang sudah ada lebih dulu. Carilah topik blog yang belum banyak dibahas orang dan peminatnya cukup banyak.
• Menggunakan Template Default. Hindari memakai tampilan template blog bawaan (default). Karena meski isi blognya berbeda, tapi pembaca akan sulit membedakan blog anda dengan blog lainnya kalau tampilannya sama. Selain blog anda akan terkesan jadi ‘pasaran’. Tampilkan template yang berbeda. Di internet banyak sekali, template alternatif yang bisa anda gunakan. Cari di Google atau Yahoo dengan mengetik “template blog”.
• Terus Menerus Menulis Artikel yang Kontroversial. Kadang kala menulis artikel kontroversial bisa memancing membludaknya pengunjung. Akan tetapi jika terus-terusan menulis dengan cara seperti itu, hasilnya bisa kontra produktif. Pembaca yang tak suka dengan isi tulisan anda, akan minggat meninggalkan blog anda. Dan bukan tak mungkin akan menyebarluaskan isyu kalau blog anda termasuk blog yang tak pantas dikunjungi.
• Tak Sesuai dengan Citra Brand Blog. Mulai awal membuat blog, pikirkan brand apa yang akan anda bangun. Kalau content dan tampilan anda tak sesuai dengan brand, sudah pasti hasilnya tak bagus. Pembaca bisa melihat adanya ketidak samaan antara brand yang anda koar-koarkan dengan materi dan tampilan yang anda pasang. Jadi, usahakan content dan tampilan blog sesuai dengan brand yang hendak anda bangun dan kembangkan.
• Tak ada link. Setiap posting baiknya memiliki link ke posting lainnya. Ini adalah salah satu cara untuk mengembangkan blog anda. Supaya pembaca gampang untuk menemukan posting lainnya sesuai dengan informasi yang ia cari.
• Sering posting tapi kualitas menurun. Giat memposting memang sangat bagus untuk menjaga tingkat keterbacaan blog anda. Namun kalau akhirnya membuat kualitas tulisan menurun, hasilnya bisa sebaliknya. Pembaca jadi enggan kembali ke blog anda. Mereka pasti berpikir “paling isinya itu-itu juga”. Sebab itu, jaga kualitas tulisan anda agar tetap prima.
• Dipenuhi Iklan. Barangkali salah satu tujuan anda ngeblog adalah untuk mendapatkan uang. Tapi jika kemudian blog anda begitu banyak dipenuhi iklan hingga membuat tak nyaman lagi dikunjungi, hasilnya akan sebaliknya. Pembaca malas melihat blog anda lagi karena merasa tak nyaman dengan tampilan iklan yang begitu banyak. Dan dengan begitu, pasti penghasilan anda akan menurun.
• Kurang sabar. Terutama bagi blogger baru, anda perlu punya kesabaran tinggi untuk menuai sukses. Tak bisa begitu hari ini dibuat, besoknya blog anda sudah langsung dipenuhi pengunjung dan menghasilkan uang berlipat-ganda. Anda harus konsisten untuk mengembangkan dan meningkatkan blog anda.

Memang banyak orang katakan membuat blog itu gampang, dan bahkan sangat gampang. Namun bukan di situ tantangan ngeblog sebenarnya. Tantangannya ialah bagaimana menjaga agar blog anda cukup banyak dibaca dan semakin banyak dibaca.

Saya percaya anda bisa. Tak perlu mundur. Ayo mulai benahi lagi blog kita! Untuk meningkatkan kualitas blog anda juga perlu baca ini

Bagaimana pendapat anda? Sampai jumpa ..bye!


0 komentar:

Template by : kendhin ScriptMurah