Jumat

Menerima Resiko dengan Pintar (2)

Hello …

Jumpa lagi dalam blog belajar bisnis internetnya Mari kita teruskan pembahasan posting terdahulu tentang bagaimana menyikapi resiko secara pintar .

Barangkali kita banyak menghabiskan waku membaca buku-buku, mendengarkan program audio, serta mengikuti berbagai seminar internet marketing. Kesemuanya memang menyita banyak waktu. Namun sedikit banyak setiap kegiatan itu akan membantu membangun hal yang baik/positif didalam diri kita.

Keinginan kita untuk terus belajar tak jarang memunculkan inspirasi baru dalam mengembangkan bisnis yang kita punya. Hingga berlanjut melalui action nyata, inspirasi itu menjadi gebrakan yang bisa mengubah hidup kita untuk selamanya. Kombinasi antara pengetahuan dengan tindakan nyata akan memacu kehidupan kita untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Sebab itu, hampir setiap minggu, toko buku menjadi tempat kunjungan wajib keluarga. Setiap anggota keluarga bisa memilih buku yang diminati. Jika saya biasanya memilih buku-buku untuk mengembangkan bisnis. Sedangkan anak-anak, biasanya suka pilih novel dan buku-buku humor dsb

Di samping itu, kehausan saya untuk mengembangkan bisnis ditumpukankan dalam hardisk komputer saya yang sampai penuh-sesak oleh ribuan e-book, audio, dan video seputar bisnis internet marketing. Dan sebagian besar merupakan hasil pembelian. Saya sangat percaya, investasi yang saya keluarkan untuk membeli buku, e-book, audio, dan video itu akan balik modal. Pengetahuan yang saya dapat untuk pengembangan bisnis dan bisnis internet jauh lebih berharga dibanding uang yang telah saya bayarkan.

Saya yakin, pengetahuan menjadi bekal yang berharga untuk bertindak secara cepat dan tepat. Oleh sebab itu, di saat padatnya aktivitas rutin yang saya kerjakan, sedapat mungkin setiap hari saya uahakan untuk menangbah pengetahuan yang saya miliki.

Selain tanpa henti belajar dan beraksi, kunci untuk menyikapi resiko secara pintar ialah dengan melihat jauh ke depan.

Saat membicarakan tentang rencana bisnis, saya tidak hanya berpikir satu atau tiga tahun kedepan. Namun lebih jauh dari itu, saya memikirkannya bahkan untuk sepanjang hidup saya nantinya. Saat saya berniat untuk melakukan sesuatu, saya membiasakan bertanya dulu pada diri sendiri,”Apa perbedaan hasil dalam beberapa belas tahun mendatang kalau saya melakukan ini sekarang?”

Walaupun misalnya hasil yang didapat hari ini tidaklah terlalu besar, namun saya tetap semangat dan percaya bahwa apa yang sudah saya kerjakan ini akan terus meningkat sampai nantinya akan menjadi seperti yang saya harapkan.

Kalau kita tidak berbuatkan apapun hari ini, bukan berarti kita aman-aman saja. Yang jelas kondisi kita akan tetap seperti sekarang atau bahkan mungkin akan lebih buruk. Tidak bertindak apa-apa bukanlah berarti aman atau tidak akan berakibat apapun. Namun berdiam diri adalah cara paling pasti untuk tidak berubah kearah yang lebih baik. Berdiam diri itu termasuk cara negatif karena itu perlu anda dihindari.

Itulah kenapa penting untuk menanamkan kebiasaan baik dalam berusaha meningkatkan kualitas hidup. Dalam jangka pendek, barangkali usaha yang kita kerjakan seperti sebuah perjuangan yang amat berat dan tak jarang dipenuhi dengan rasa sakit. Kita mungkin jatuh-bangun dalam usaha yang telah kita kerjakan. Namun, dengan berbekal sikap optimis kita harus berdamai dengan kekecewaan dan kemudian cepat bangkit kembali untuk menyongsong kesuksesan.

Kegagalan yang kita alami bukanlah untuk diratapi. Tetapi untuk dipelajari supaya kita tidakk terjatuh pada “lubang” yang sama dua kali.

Sebuah hal penting yang akan menjaga kita agar supaya tidak mundur dari kegagalan yang muncul bertubi-tubi ialah kebiasaan berpikir jangka panjang. Target jangka panjang yang direncanakan itu kemudian kita wujudkan dengan perubahan-perubahan kecil yang dilakukan setiap hari. Umpamanya kebiasaan untuk lebih disiplin, lebih berani, lebih kuat dalam menghadapi berbagai tantangan, dan lebih bersemangat dalam melakukannya.

Dengan kebiasaan berpikir jangka panjang yang diwujudkan dalam langkah-langkah sederhana setiap hari itu pastilah hasilnya akan menakjubkan. Sukses luar biasa akan anda dapatkan!

Banyak orang yang gampang terayu untuk cepat kaya tanpa berusaha. Pikiran jangka pendek yang memenuhi pikiran membuat kita cepat letih jika hasil yang dicapai tak sesuai dengan keinginan. Sebab itu berpikirlah jangka panjang. Dan jangan gampang menyerah di saat-saat awal anda memulai bisnis atau bisnia internet!

Kondisi di awal berbisnis memang sangat sulit. Sebab anda harus bekerja keras dengan pengetahuan yang mungkin minim, tapi sekaligus berupaya mendapatkan sedikit hasil sebagai pembuktian. Yah begitulah hidup. Hidup tak pernah mudah di awal-awalnya. Seperti disaat anda belajar merangkak dan berjalan sewaktu masih kecil. Berkat tekad yang tak pernah padam dan usaha tanpa kenal lelah, akhirnya anda bisa melakukannya khan?.

Barangkali anda telah memulai bisnis setahun, tapi penghasilan yang anda dapat mungkin masih lebih kecil dibanding bila anda bekerja untuk orang lain. Barangkali juga banyak orang yang merasa sulit untuk menerima rencana sukses jangka panjang anda. Juga mungkin anda sendiripun ikut menertawakan diri sendiri bila melihat bisnis yang anda lakukan dengan kacamata jangka pendek. Bahkan juga barangkali tidak sedikit orang yang mencemooh ide “gila” anda ini.
Pikiran jangka pendek dan ketakutan menempuh resiko memang banyak dipelihara oleh orang di muka bumi ini. Tetapi bukan untuk anda yang siap menerima sukses luar biasa!

Saya juga dahulu mengalami tantangan yang sama. Tetapi jika saya dulu, ketika menghadapi ketakutan yang sama untuk menghadapi semua tantangan ini, saya tinggal tutup mata dan tempuh resiko itu dengan pintar. Saya terus meyakinkan diri bahwa kesulitan dan sindiran orang-orang itu tidak akan mampu membuat saya menyerah kalah. Bahkan sebaliknya hal itu akan membuat semangat saya makin berkobar. Saya tak pernah takut sebab saya yakin apa yang saya lakukan akan menghasilkan sukses luar biasa. Ini hanya soal waktu saja. Dan waktupun telah membuktikannya pada saya.

Pesan saya, izinkan diri anda untuk bekerja lebih giat lagi dengan tetap memperbaharui pengetahuan anda, dan temukan sedikit hasil sebagai pembuktian, tapi tetap memandang positif dengan rencana jangka panjang anda. Ngak ada yang ngak mungkin asal anda teguh dengan aksi untuk mencapai rencana jangka panjang anda!

Oke..sampai disini dulu ya!..kita jumpa lagi nanti di blog belajar bisnis internetnya..bye!


0 komentar:

Template by : kendhin ScriptMurah