Selasa

Bagaimana Menjadikan Blog Anda Dibanjiri Komentar

Hello...

Ketemu lagi di blog belajar bisnis internetnya, posting kali ini masih berhubungan dengan blog ya…memang blog boleh dikatakan paling banyak diminati dikalangan pebisnis online, banyak hal yang bisa dilakukan blog, okey deh kita lanjut aja!

Bila anda hobby jalan-jalan di dunia maya, tentu anda temukan banyak sekali blog. Di Indonesia saja konon jumlahnya sudah mencapai puluhan ribu. Yang pasti jumlahnya akan terus bertambah. Setiap hari ada saja blog baru yang lahir. Namun tidak sedikit juga yang mati suri atau mati beneran alias tidak pernah diurusi lagi hehe...

Dari sekian banyak penyebabnya, salah satunya disebabkan sepinya pengunjung. Jarang ada orang yang mau melihat blog yang kita buat. Bila melihat saja mereka tak mau, bagaimana bisa mereka meninggalkan komentar di blog kita?

Padahal keunggulan blog salah satunya ialah kuatnya interaksi dengan pengunjung. Pengunjung bisa langsung bertegur sapa dengan pemilik blognya. Si pemilik blog pun bisa melayani pertanyaan atau komentar pengunjung. Hubungan yang kuat antara pengunjung dan pemilik blog inilah yang menjadi pondasi kesuksesan blog yang kita bangun.

Bila anda sudah mengunjungi sejumlah blog, anda pasti juga heran kenapa ada blog yang luar biasa ramai dikomentari, sedangkan blog lainnya sama sekali sepi? Bahkan sampai ada pembaca yang rela berkali-kali berkomentar di suatu blog. Kenapa ya kok bisa begitu?

Okelah… biar tak penasaran saya jelaskan secara perlahan.

Pertama tentu anda sudah tahu kalau komentar itu diberikan oleh pengunjung. Nah kalau tak ada yang berkunjung ke blog anda, sudah pasti tak akan ada yang berkomentar. Di sinilah pentingnya TRAFFIC. Semakin ramai traffic blog anda, maka semakin banyak pula yang sudi meninggalkan komentarnya di blog anda.

Ada yang mengatakan kalau traffic itu tergantung dari posting yang kita buat. Jika artikelnya bagus, pasti banyak orang akan rela berkomentar. Tapi sebaliknya jika artikel yang kita buat buruk, tak ada yang mau memberi komentar.

Pendapat ini ada benarnya, tapi tidak 100 persen benar. Saya sering menemukan blog yang isinya bagus (sangat bagus bahkan) tapi jarang ada yang mau beri komentar. Lalu apanya yang salah?

Menurut saya penyebabnya adalah ketidakmampuan memasarkan blog yang kita miliki. Menulis artikel yang baik itu sangat penting, namun tak kalah pentingnya adalah bagaimana memasarkannya. Sia-sia saja punya blog yang berkualitas bagus tapi tak ada orang yang tahu!

Masalah memasarkan blog itu akan kita bahas lebih lanjut nanti. Pertama kita uraikan dulu bagaimana supaya artikel di blog kita mampu memancing pembaca berkomentar. Apa saja trik yang dapat kita lakukan?

• Tulis tentang blog lain. Tulislah blog lain yang menurut anda bermutu. Bermutu dalam arti isinya menarik serta traffic-nya ramai. Mana tahu nanti anda ketularan traffic blog tersebut sehingga komentar di blog anda mulai bermunculan. Pemilik blog yang anda tulis tentu juga akan senang dengan tulisan anda. Hubungan mesra antar blogger bisa dimulai dengan cara seperti ini. Bahkan bukan tidak mungkin mereka juga akan ikut merekomendasikan blog anda. Tapi sebaiknya blog yang anda tulis memiliki kesamaan topik dengan blog mereka. Sehingga bisa dipastikan target pembacanya juga sama. Nah siapa tertarik nulis tentang blog ini?
• Tutup artikel dengan pertanyaan. Di akhir artikel, bertanyalah pada pembaca. Misal, “Apakah anda punya ide lain?” atau “Apakah artikel ini membantu anda?” Pertanyaan anda akan memancing pembaca untuk memberi komentar.
• Pancing dengan berita hangat. Anda bisa memulai tulisan dengan menceritakan hal yang lagi jadi bahan pembicaraan. Bisa tentang situasi terkini blogosphere dunia atau di Indonesia. Atau bisa juga mengenai hal lainnya seperti situasi politik atau ekonomi. Gosip artis pun bisa dipakai untuk menarik perhatian pengunjung.
• Tulis kontroversi. Menulis hal-hal kontroversial sangatlah menarik pembaca untuk ikut terlibat. Bukan masalah apakah nantinya pembaca blog setuju atau tidak dengan pendapat anda. Yang jelas, pengunjung akan mengisi kolom komentar untuk mengutarakan pendapatnya.
• Sabarlah. Sewaktu-waktu kita perlu sedikit bersabar untuk menunggu datangnya komentar pertama. Dan biasanya setelah ada yang mulai memberi komentar, maka komentar-komentar berikutnya akan deras mengalir.

Ngak sulit kan? Intinya bagaimana supaya tulisan yang kita buat mampu menarik pembaca untuk ikut terlibat. Jagalah perhatian pembaca, gugah perasaannya, dan buat pembaca tergerak untuk memberikan komentar.

Nah bagaimana? Apakah trik di atas sudah cukup membantu anda?

Oke..sampai disini dulu, jumpa lagi nanti di blog bisnis internetnya..bye!


0 komentar:

Template by : kendhin ScriptMurah