Minggu

Kawan adalah Aset yang Sangat Berharga

Jumpa lagi !

Hai sahabat kita ketemu lagi pada blog belajar bisnis internetnya, kali ini kita akan membahas tentang “kawan adalah aset yang sangat berharga”, Tentu siapa saja bisa sukses asal fokus dan bekerja keras.

Namun, apakah hanya itu saja yang anda butuhkan agar supaya sukses didalam bisnis internet?
Tentu saja jawabannya, tidak! Sebab, untuk mengembangkan bisnis di bidang ini, anda memerlu teman. (dalam bisnis offlinepun anda juga perlu teman, perlu relasi, perlu koneksi dll).

Untuk lebih jelasnya, saya akan cerita sedikit. Beberapa waktu lalu seorang teman membuka rumah makan ampera di sekitar kampus. Kedainya tidak terlalu besar dan target marketnya terutama mahasiswa.

Sebab di sekitar kampus telah banyak rumah makan ampera berdiri, sudah pasti persaingan berlangsung sangat ketat. Teman itu telah menciptakan strategi pemasaran yang baik, misalnya, menu-menunya berbeda dari kedai nasi yang lainnya.

Namun, tidak banyak mahasiswa yang mampir. Anda tahu sendirikan, yang namanya mahasiswa itu perhitungan. Lebih baik memilih di kedai nasi langganannya yang sudah terbukti enak dan murah dari pada coba-coba di tempat lain dan malah kecewa. Lagi pula, umumnya orang-orang pasti berpikir ”kedai yang sepi pasti masakannya nggak enak atau terlalu mahal?”

Nah…, teman itu mencoba memanfaatkan semua kawan-kawan dan relasi yang ia punya. Ia pun memberi tahu pada kawan-kawannya kalau ia telah membuka warung baru. Hasilnya, setiap kawan-kawannya melewati warung nasinya pasti mereka mampir dan coba memcicipi masakannya. Nah, dari situ warungnya punya daya tarik. Mahasiswa di sana ikut-ikutan penasaran. ”kenapa ya kok warung itu ramai?” Hasilnya kini warungnya itu menjadi salah satu yang paling laris disana.

Sedangkan dalam bisnis internet juga begitu. Sebagai contoh kita sebut saja Truemors dan Pownce. Diwaktu awal launching, kedua situs web ini langsung mendapat pengunjung yang lumayan. Padahal iklannya pun belum begitu gencar.

Kenapa bisa begitu?

Setelah diusut, ternyata si empunya situs web ini adalah Guy Kawasaki dan Kevin Rose. Mereka berdua ini dikenal punya banyak kawan dan relasi. Ketika situs web mereka di-launching, mereka hanya tinggal promosi saja ke kawan-kawannya. Mulai dari sana, pengunjung internet lain juga ikut-ikutan tertarik.

Lalu bagaimana cara memanfaatkan kawan-kawan anda untuk menghasilkan uang? Atau pertanyaan lainnya bagaimana membuat kawan-kawan anda “lengket” dengan anda seperti yang telah dilakukan Kawasaki dan Rose?

Nah…sebelum saya jawab, saya mau sharing dulu. Menurut buku-buku yang saya baca selama ini, pada prinsipnya, teman dalam bisnis internet ini portable alias bisa dibawa kemana aja (hehe…kayak flashdisk ). Maksudnya, kalau kawan atau relasi itu sudah mempercayai kita, dia mau berbuat apa saja. Maka dari itu, jaga kepercayaan dari kawan atau relasi dengan sebaik-baiknya.

Ya di acara club atau arisan kalau di dunia nyata. Sedangkan di internet ya di komunitas online. Mereka (relasi atau kawan anda) adalah pembuka jalan kesuksesan untuk anda. Karena mereka bukan hanya sekedar kawan bagi anda, tapi juga bisa dijadikan konsumen dan agen iklan. Bukan hanya untuk sesaat saja, tetapi juga untuk seterusnya.

Jadi, sebarkan dan luaskan jaringan anda setiap hari. Bila sekarang anda punya 8 ribu kontak didalam daftar alamat anda, luaskan terus sampai seluruh warga internet di seluruh penjuru dunia bisa anda kenal.

Untuk berkenalan, ikut mailing list (milis) adalah cara paling mudah. Bergabung dalam milis setidaknya anda akan mendapat kenalan-kenalan baru yang lumayan banyak. Nah, kalau sudah dapat banyak kawan, renungkan/pikirkan apa yang akan anda lakukan dengan orang-orang itu?
Seperti tadi telah saya katakan, anda bisa menjual produk anda kepada mereka. Jadikanlah mereka konsumen anda!

Dan jangan lupa agar terus memelihara hubungan baik dengan mereka. Sebab itu penting memberi ”penghargaan” pada mereka. Jangan hanya memikirkan keuntungan sendiri. Berikan hadiah-hadiah kecil. Misal e-book atau artikel-artikel menarik untuk mereka.

Bak kata orang bijak, jika anda baik pada kawan, maka kawan juga akan baik pada anda. Begitu juga sebaliknya.

Anda setuju ? Okelah…sampai disini perjumpaan kita di blog bisnis internetnya,bye !!


0 komentar:

Template by : kendhin ScriptMurah