Minggu

Juallah Produk yang Anda Sukai !

Jumpa lagi….

Pada posting di blog bisnis intenet kali ini, kita akan membahas tentang afiliasi, dalam bisnis internet program afiliasi adalah salah satu bisnis yang menjadikan anda kaya raya, yang penting anda harus paham cara menjalankannya.

”Gampang tidaknya menjadi affiliate marketer itu tergantung mindset anda!” anda masih ingat ucapan di atas?

Benar, memang banyak yang mengatakan, ”menjadi affiliate marketer itu tidak gampang.” (terkesan menakut-nakuti ya?) Apalagi buat para pemula yang masih awam bisnis internet.

Namun apapun pada dasarnya, ketika kita akan memulainya, memang terlihat sulit pada awalnya. Tapi perlahan-lahan itu akan terpecahkan dan menemui jalan keluarnya. Dan selalu saya katakan, semuanya bergantung pada keseriusan kita!

Disaat berniat memulai bisnis internet, pertama anda perlu membuka pintu ilmu bisnis internet. Dan, anda yang harus mengetuk pintu itu! Sebab ilmu itu tidak akan mendatangi anda bila anda tidak mencarinya.

Setelah dipelajari, praktekkan. Dan barangkali anda akan melewati tahap trial and error. Namun terus maju. Jangan pernah menyerah. Sebab disitulah penentu sukses tidaknya bisnis anda. Disaat proses itulah anda sebetulnya tengah diuji seberapa tekun berusaha mencapai sukses. Bila anda terus konsisten melakukannya, saya yakin tak lama lagi kesuksesan akan menjadi milik anda.

Sukses itu tidak pernah datang secara instan. Perlu sedikit pengorbanan untuk mencapainya. Sekali lagi, terus belajar dan praktekkan!

Oke! Saya bukan bermaksud memberi ceramah anda. Saya hanya mencoba menggelitik semangat anda. Saya harap anda tidak akan pernah kehabisan semangat!

Baiklah kita lanjutkan pembahasannya. Sebenarnya, secara teori banyak sekali hal yang perlu anda perhatikan saat memilih affiliate program.

Namun, kita bahas secara bertahap saja. Agar lebih mudah mempelajarinya. Dan yang penting, setelah anda tahu sedikit teorinya, segera praktekkan. Segera mendaftar menjadi affiliate marketer!

Bila sekarang anda masih bingung untuk menawarkan produk apa, saya sarankan. Untuk pemula, sebaiknya langkah paling jitu untuk memulainya ialah dengan memasarkan produk yang menarik minat anda.

Memasarkan produk yang anda sukai itu mudah. Kenapa? Sebab setidaknya anda telah mengenal produk tersebut.
Anda tidak perlu berpikir, ”kira-kira pangsa pasarnya siapa ya?” Jawabannya pasti ya orang-orang seperti anda ini. Dan orang-orang seperti anda tentu bukan hanya ada satu di dunia. Contohnya, anda seorang yang hobi memancing, tentu banyak orang lain yang memiliki minat yang sama dengan anda bukan?

Bila anda suka pada banyak hal, barangkali Anda juga jadi kesulitan untuk menentukan produk apa yang akan pasarkan? Ini bisa saja terjadi. Tapi apapun yang anda pasarkan, yang jelas anda mesti mengenal produk yang anda pasarkan dengan baik. Misalnya seperti apa nama produk? Kegunaannya apa saja? Harga produknya berapa? dsb.

Bila anda masih bingung mau memasarkan apa, silahkan tanyakan hal di bawah ini pada diri anda:

1. Produk apa saja yang berhubungan dengan hobi anda? Bila anda sangat hobi berolahraga, barangkali anda bisa memasarkan alat-alat olahraga. Atau menjual merchandise-merchandise cabang olahraga tertentu. Bahkan e-book untuk meningkatkan kesehatan juga banyak tersedia di internet.
2. Produk apa yang paling anda inginkan? Pikirkan baik-baik. Sekarang ini kira-kira anda sedang terobsesi, ingin memiliki produk apa? Kemudian, pikirkan alasannya, ”mengapa saya sangat ingin memiliki produk ini?” Ini amat penting untuk membidik calon pembeli.
3. Produk apa yang anda sukai dan sering anda promosikan pada keluarga dan kawan-kawan anda? Umpamanya begini, saya mempunyai hand phone bermerk A. Dan saya telah jatuh cinta dengan hp merek itu. Bisa disebabkan fitur-fiturnya lengkap, gampang dioperasikan, tahan banting, dsb. Maka saya akan mempromosikan HP merek A pada siapapun yang sedang ingin membeli hp baru. ”Kamu bisa beli merk A. Soalnya sudah saya buktikan, kualitasnya bagus!”
4. Anda tertarik mengikuti kursus atau training? Dalam bisnis internet, yang bisa dijual bukan hanya produk, tapi juga ada pelatihan atau semacam e-course. Umpama, anda pernah mengikuti kursus A dan kebetulan ada affiliate program yang berkaitan dengan keahlian A. Anda bisa mendaftar di sana.

Nah apa sih… produk apa yang sudah berada dalam pikiran anda sekarang? Silahkan mulai !

Sampai disini dulu posting kali ini, kita jumpa lagi di blog bisnis internet yang akan datang ..sampai jumpa !!


Baca Selengkapnya......

Sabtu

Cara Mudah Menghindar dari Kegagalan bisnis Online

Hello ….

Jumpa lagi dalam blog bisnis onlinenya, pada posting kali ini kita akan bahas tentang cara menghindari kegagalan dalam bisnis online.

Anda sedang berniat memulai bisnis online? Atau barangkali telah mencoba tapi sayangnya menemui kegagalan? Sabar dan tenanglah. Jangan menyalahkan diri dan kemudian menjadi anti terhadap segala yang berhubungan dengan bisnis online. Karena, suka ataupun tidak, mau ataupun menolak, bisnis masa depan ada di dunia internet.

Ngak percaya? Coba lihat disekeliling anda. Telah terjadi perubahan yang luar biasa bukan? Di dekat rumah anda barangkali dulunya adalah tanah kosong yang biasa anda pakai untuk main bola bersama teman-teman anda. Tapi sekarang mungkin telah berdiri gedung atau tower pemancar dsb.

Hal yang sama tentu anda temui di jalanan. Jalan raya kota yang dulunya sepi sampai bisa anda pakai naik sepeda bergandeng tiga, sekarang hiruk pikuknya minta ampun. Puluhan kendaraan berada pada ruas jalan yang sama pada waktu bersamaan. Masing-masing kendaraan saling serobot sambil berlomba membunyikan klaksonnya. Setiap anda akan keluar rumah, kata pertama yang muncul dalam pikiran anda adalah macet…macet…dan macet.

Coba anda bayangkan bagaimana kondisinya 10, 20, atau 30 tahun lagi? Tentu situasinya akan semakin parah. Bahkan bisa jadi untuk bergerak saja, anda akan kesulitan.
Sementara pada sisi lain, dunia bisnis juga terus bergerak maju. Kecepatan dan ketepatan kian menjadi faktor penting untuk kesuksesan suatu bisnis. Konsumen tak ingin menunggu berlama-lama hanya untuk menantikan kedatangan suatu produk. Konsumen menuntut kecepatan layanan berkali-kali lipat dari masa-masa sebelumnya.

Oleh sebab itu, jika tak sanggup menjawab tantangan ini tentulah bisnis apapun yang anda lakukan akan terjungkal. Kalau kata pepatah bisnis masa kini,”Yang tak cepat pasti akan tergilas. Yang tak lekas pasti akan ditebas.”

Dan yang sanggup menjembatani kebutuhan bisnis yang sekarang bergerak dalam hitungan sepersekian detik itu ialah dunia internet. Dunia internet lah yang akan sanggup menyelamatkan usaha anda saat ini. Dunia internet adalah masa depan hidup anda.

Untuk anda yang berniat mulai terjun ke bisnis internet, tak perlu ragu lagi. Segera terjun biar tak menyesal di kemudian hari. Hilangkankan segala penghalang yang membuat anda ragu melangkah. Ketakutan anda untuk mencoba dunia internet dapat berakibat sangat fatal di masa mendatang.

Dan bila anda telah punya bisnis di luar dunia internet, anda tetap dapat mengintegrasikannya dengan kekuatan dunia online. Tentu hasilnya akan jauh lebih mencengangkan. Karena, di tahun-tahun mendatang, jumlah pengguna internet akan terus meningkat. Dan semakin lama, internet makin menjadi kebutuhan primer, tingkatnya sama dengan kebutuhan perut anda.

Buat anda yang dulu pernah gagal, segera kuburkan kisah kelam masa lalu anda. Sekarang saatnya kembali mengangkat wajah, tarik bahu, busungkan dada, dan sunggingkan senyum anda. Dan katakan dengan mantap,”Ya saya pasti bisa berhasil! Bisnis internet pasti dapat saya taklukkan”. Kalau perlu, print kata-kata tadi dengan ukuran huruf besar-besar dan tempelkan di dinding dekat komputer anda. Agar motivasi anda selalu berkobar-kobar untuk sukses berbisnis internet.

Juga supaya anda tak terjatuh ke lubang kegagalan yang sama, ada beberapa prinsip yang perlu anda perhatikan.

1. Sebelum launching produk, buatlah rencana bisnis yang jelas dan detail. Anda harus mempunyai rencana detail untuk menyukseskan bisnis anda. Langkah-langkah yang ingin anda lakukan dan tahapan sukses yang ingin anda raih harus telah direncanakan. Tanpa rencana yang terperinci, anda pasti kebingungan untuk mengarahkan bisnis anda. So, buatlah rencana yang terperinci untuk bisnis internet anda.
2. Kerja keras dan kerja pintar. Perencanaan terperinci yang telah anda buat sudah saatnya diterapkan lewat paduan kerja keras dan kerja pintar. Melalui bisnis internet keduanya sangat mungkin digabungkan. Sistem serba otomatis yang banyak bertebaran di dunia online dapat anda gunakan untuk mengefektifkan dan mengefisienkan bisnis anda. Manfaatkan internet sebagai karyawan anda untuk meraih penghasilan yang diimpikan.
3. Hindakan bermental gratisan. Setiap orang pasti suka apapun yang berlabel gratis. Namun apakah anda pernah mengamati para internet marketer yang sukses juga melakukannya? Sama sekali tidak. Mereka amat-sangat menghargai bisnis mereka ibarat mereka menghargai hidup mereka sendiri. Bisnis mereka dibangun dengan investasi yang sudah diperhitungkan. Biaya yang mereka keluarkan sangat disadari akan mendapatkan pengembalian hasil yang berlipat-lipat. Okelah bila di awal-awal berkenalan dengan bisnis online anda memanfaatkan segala hal yang gratis tak jadi soal. Tapi nantinya setelah anda serius menjalani bisnis internet, saya anjurkan untuk berinvestasi. Baik untuk membuat website, membeli domain, hosting, dan lain-lainnya.

Ok, sampai disini dulu perjumpaan kita di blog bisnis internetnya. Pada posting berikutnya kita akan lanjutkan dengan bahasan lain yang tak kalah menarik. Bagaimana pendapat anda tentang posting kali ini?


Baca Selengkapnya......

Rabu

Apa sih! yang Salah dengan Blog saya?

Hello…
Jumpa lagi dalam blog belajar bisnis internetnya, dalam artikel kali ini kita akan membicarakan tentang “apa yang salah dengan blog?”

Pertanyaan di atas barangkali selama ini memenuhi pikiran anda. Hingga membuat anda ngak bisa tidur nyenyak dan makan sampe kenyang. Mungkin traffic yang tak kunjung naik, belum masuk top ranking, atau mungkin juga sumber penghasilannya masih seret jadi penyebabnya.

Tetapi syukurlah paling tidak anda tahu kalau ada yang ngak beres dengan blog anda. Dan supaya itu tak terus berlanjut dan membuat anda patah semangat, mari kita coba cari tahu di mana letak ketidak beresannya?

• Tidak punya cukup banyak artikel. Blog anda harus punya cukup banyak artikel. Berapa banyak? Sebagai permulaan ngeblog, paling tidak ada 5 artikel dan kalau dapat 10 artikel yang sudah terposting. Dengan cukup tersedianya tulisan, paling tidak akan memperlihatkan kalau anda benar serius membuat blog ini. Para pembaca kalau melihat blog yang penuh dengan artikel pasti lebih tertarik menyelusuri seluruh isi blog. Bila artikelnya sedikit, apanya yang mau dibaca? Selain akan membuat kesan kalau dalam urusan ngeblog anda masih tergolong ijo alias baru kemarin sore buatnya. Tentu anda juga harus terus kontinyu mempostingkan artikel baru sebagai tanda kalau blog anda masih ‘hidup’.
• Topik Blog yang Tidak Jelas. Blog anda isinya apa? Nah ini perlu anda perjelas dan pertegas lagi. Kebanyakan blog pribadi punya topik yang begitu beragam. Itu ngak masalah asal pembaca anda tahu kalau blog anda berisi tentang topik-topik tersebut. Berarti poinnya disini tinggal bagaimana cara anda menyampaikannya. Sampaikan dengan jelas topik blog lewat artikel yang selalu anda posting, misalnya lewat tagline-nya, dan juga pada halaman yang berisi tentang anda (about page).
• Topik Blog yang Tak Banyak Punya Peminat. Memang tak ada salahnya kalau anda mau membuat blog khusus misalnya tentang “beruang es di kutub utara”. Tapi sepertinya tak banyak yang berminat untuk mencari informasi tersebut. Jadi bisa dipastikan kalau blog anda akan 3S (Sunyi Sepi Selalu). Saya sarankan, topik blog anda sebaiknya tidak terlalu sempit seperti di atas tapi juga tidak terlalu luas. Agar supaya selain bisa lebih fokus mengelolanya, juga akan mempermudah anda membuat perbedaan dengan blog yang sudah ada lebih dulu. Carilah topik blog yang belum banyak dibahas orang dan peminatnya cukup banyak.
• Menggunakan Template Default. Hindari memakai tampilan template blog bawaan (default). Karena meski isi blognya berbeda, tapi pembaca akan sulit membedakan blog anda dengan blog lainnya kalau tampilannya sama. Selain blog anda akan terkesan jadi ‘pasaran’. Tampilkan template yang berbeda. Di internet banyak sekali, template alternatif yang bisa anda gunakan. Cari di Google atau Yahoo dengan mengetik “template blog”.
• Terus Menerus Menulis Artikel yang Kontroversial. Kadang kala menulis artikel kontroversial bisa memancing membludaknya pengunjung. Akan tetapi jika terus-terusan menulis dengan cara seperti itu, hasilnya bisa kontra produktif. Pembaca yang tak suka dengan isi tulisan anda, akan minggat meninggalkan blog anda. Dan bukan tak mungkin akan menyebarluaskan isyu kalau blog anda termasuk blog yang tak pantas dikunjungi.
• Tak Sesuai dengan Citra Brand Blog. Mulai awal membuat blog, pikirkan brand apa yang akan anda bangun. Kalau content dan tampilan anda tak sesuai dengan brand, sudah pasti hasilnya tak bagus. Pembaca bisa melihat adanya ketidak samaan antara brand yang anda koar-koarkan dengan materi dan tampilan yang anda pasang. Jadi, usahakan content dan tampilan blog sesuai dengan brand yang hendak anda bangun dan kembangkan.
• Tak ada link. Setiap posting baiknya memiliki link ke posting lainnya. Ini adalah salah satu cara untuk mengembangkan blog anda. Supaya pembaca gampang untuk menemukan posting lainnya sesuai dengan informasi yang ia cari.
• Sering posting tapi kualitas menurun. Giat memposting memang sangat bagus untuk menjaga tingkat keterbacaan blog anda. Namun kalau akhirnya membuat kualitas tulisan menurun, hasilnya bisa sebaliknya. Pembaca jadi enggan kembali ke blog anda. Mereka pasti berpikir “paling isinya itu-itu juga”. Sebab itu, jaga kualitas tulisan anda agar tetap prima.
• Dipenuhi Iklan. Barangkali salah satu tujuan anda ngeblog adalah untuk mendapatkan uang. Tapi jika kemudian blog anda begitu banyak dipenuhi iklan hingga membuat tak nyaman lagi dikunjungi, hasilnya akan sebaliknya. Pembaca malas melihat blog anda lagi karena merasa tak nyaman dengan tampilan iklan yang begitu banyak. Dan dengan begitu, pasti penghasilan anda akan menurun.
• Kurang sabar. Terutama bagi blogger baru, anda perlu punya kesabaran tinggi untuk menuai sukses. Tak bisa begitu hari ini dibuat, besoknya blog anda sudah langsung dipenuhi pengunjung dan menghasilkan uang berlipat-ganda. Anda harus konsisten untuk mengembangkan dan meningkatkan blog anda.

Memang banyak orang katakan membuat blog itu gampang, dan bahkan sangat gampang. Namun bukan di situ tantangan ngeblog sebenarnya. Tantangannya ialah bagaimana menjaga agar blog anda cukup banyak dibaca dan semakin banyak dibaca.

Saya percaya anda bisa. Tak perlu mundur. Ayo mulai benahi lagi blog kita! Untuk meningkatkan kualitas blog anda juga perlu baca ini

Bagaimana pendapat anda? Sampai jumpa ..bye!


Baca Selengkapnya......

Selasa

Bagaimana Menjadikan Blog Anda Dibanjiri Komentar

Hello...

Ketemu lagi di blog belajar bisnis internetnya, posting kali ini masih berhubungan dengan blog ya…memang blog boleh dikatakan paling banyak diminati dikalangan pebisnis online, banyak hal yang bisa dilakukan blog, okey deh kita lanjut aja!

Bila anda hobby jalan-jalan di dunia maya, tentu anda temukan banyak sekali blog. Di Indonesia saja konon jumlahnya sudah mencapai puluhan ribu. Yang pasti jumlahnya akan terus bertambah. Setiap hari ada saja blog baru yang lahir. Namun tidak sedikit juga yang mati suri atau mati beneran alias tidak pernah diurusi lagi hehe...

Dari sekian banyak penyebabnya, salah satunya disebabkan sepinya pengunjung. Jarang ada orang yang mau melihat blog yang kita buat. Bila melihat saja mereka tak mau, bagaimana bisa mereka meninggalkan komentar di blog kita?

Padahal keunggulan blog salah satunya ialah kuatnya interaksi dengan pengunjung. Pengunjung bisa langsung bertegur sapa dengan pemilik blognya. Si pemilik blog pun bisa melayani pertanyaan atau komentar pengunjung. Hubungan yang kuat antara pengunjung dan pemilik blog inilah yang menjadi pondasi kesuksesan blog yang kita bangun.

Bila anda sudah mengunjungi sejumlah blog, anda pasti juga heran kenapa ada blog yang luar biasa ramai dikomentari, sedangkan blog lainnya sama sekali sepi? Bahkan sampai ada pembaca yang rela berkali-kali berkomentar di suatu blog. Kenapa ya kok bisa begitu?

Okelah… biar tak penasaran saya jelaskan secara perlahan.

Pertama tentu anda sudah tahu kalau komentar itu diberikan oleh pengunjung. Nah kalau tak ada yang berkunjung ke blog anda, sudah pasti tak akan ada yang berkomentar. Di sinilah pentingnya TRAFFIC. Semakin ramai traffic blog anda, maka semakin banyak pula yang sudi meninggalkan komentarnya di blog anda.

Ada yang mengatakan kalau traffic itu tergantung dari posting yang kita buat. Jika artikelnya bagus, pasti banyak orang akan rela berkomentar. Tapi sebaliknya jika artikel yang kita buat buruk, tak ada yang mau memberi komentar.

Pendapat ini ada benarnya, tapi tidak 100 persen benar. Saya sering menemukan blog yang isinya bagus (sangat bagus bahkan) tapi jarang ada yang mau beri komentar. Lalu apanya yang salah?

Menurut saya penyebabnya adalah ketidakmampuan memasarkan blog yang kita miliki. Menulis artikel yang baik itu sangat penting, namun tak kalah pentingnya adalah bagaimana memasarkannya. Sia-sia saja punya blog yang berkualitas bagus tapi tak ada orang yang tahu!

Masalah memasarkan blog itu akan kita bahas lebih lanjut nanti. Pertama kita uraikan dulu bagaimana supaya artikel di blog kita mampu memancing pembaca berkomentar. Apa saja trik yang dapat kita lakukan?

• Tulis tentang blog lain. Tulislah blog lain yang menurut anda bermutu. Bermutu dalam arti isinya menarik serta traffic-nya ramai. Mana tahu nanti anda ketularan traffic blog tersebut sehingga komentar di blog anda mulai bermunculan. Pemilik blog yang anda tulis tentu juga akan senang dengan tulisan anda. Hubungan mesra antar blogger bisa dimulai dengan cara seperti ini. Bahkan bukan tidak mungkin mereka juga akan ikut merekomendasikan blog anda. Tapi sebaiknya blog yang anda tulis memiliki kesamaan topik dengan blog mereka. Sehingga bisa dipastikan target pembacanya juga sama. Nah siapa tertarik nulis tentang blog ini?
• Tutup artikel dengan pertanyaan. Di akhir artikel, bertanyalah pada pembaca. Misal, “Apakah anda punya ide lain?” atau “Apakah artikel ini membantu anda?” Pertanyaan anda akan memancing pembaca untuk memberi komentar.
• Pancing dengan berita hangat. Anda bisa memulai tulisan dengan menceritakan hal yang lagi jadi bahan pembicaraan. Bisa tentang situasi terkini blogosphere dunia atau di Indonesia. Atau bisa juga mengenai hal lainnya seperti situasi politik atau ekonomi. Gosip artis pun bisa dipakai untuk menarik perhatian pengunjung.
• Tulis kontroversi. Menulis hal-hal kontroversial sangatlah menarik pembaca untuk ikut terlibat. Bukan masalah apakah nantinya pembaca blog setuju atau tidak dengan pendapat anda. Yang jelas, pengunjung akan mengisi kolom komentar untuk mengutarakan pendapatnya.
• Sabarlah. Sewaktu-waktu kita perlu sedikit bersabar untuk menunggu datangnya komentar pertama. Dan biasanya setelah ada yang mulai memberi komentar, maka komentar-komentar berikutnya akan deras mengalir.

Ngak sulit kan? Intinya bagaimana supaya tulisan yang kita buat mampu menarik pembaca untuk ikut terlibat. Jagalah perhatian pembaca, gugah perasaannya, dan buat pembaca tergerak untuk memberikan komentar.

Nah bagaimana? Apakah trik di atas sudah cukup membantu anda?

Oke..sampai disini dulu, jumpa lagi nanti di blog bisnis internetnya..bye!


Baca Selengkapnya......

Sabtu

Bagaimana mempromosikan blog anda supaya menghasilkan uang melimpah

Salam jumpa !

hello semua, kali ini kita akan posting tentang mempromosikan blog agar bisa menghasilkan uang melimpah.

Bagaimana dengan blog anda? Apakah sudah dibanjiri komentar? Apakah pundi-pundi duit juga sudah memenuhi kantong anda?

Oke deh. Bila anda merasa blog milik anda belum cukup ramai sehingga aliran uang anda tersendat-sendat, sekarang mari kita coba lebih gencar lagi untuk mempromosikan blog kita. Namun sebelumnya, anda perlu baca dulu bagaimana cara supaya blog anda dibanjiri komentar

Tentu anda tahu, di internet ada ribuan blog. Kalau tak pandai-pandai memasarkan blog, bisa jadi sama sekali tidak dilirik pengunjung. Itu artinya kerja keras anda hanya si-sia. Sebab blog yang anda buat dan kelola sama sekali tidak mendapatkan pembaca/pengunjung. Itu artinya lama-kelamaan juga akan membuat anda bangkrut. Uang yang telah anda keluarkan untuk ngeblog, sama sekali tidak kembali modal.

Supaya blog anda tidak mengalami nasib kayak itu, anda bisa praktekkan jurus-jurus memasarkan blog yang sanggup mendatangkan traffic membludak dan uang melimpah-ruah di bawah ini. Seluruh jurus di bawah ini boleh anda ujicoba satu persatu asal terus konsisten sampai berhasil.

Ikut aktif di Forum. Ikut aktif di forum bisa jadi cara yang ampuh. Namun jangan sembarang memilih forum. Pilihlah forum yang memiliki banyak anggota. Lalu aktiflah ikut ngobrol-ngobrol di sana. Jangan malu juga memperlihatkan kelebihan anda. Buat semua member forum jadi tahu kalau anda juga punya suatu kelebihan. Dan jangan lupa mensisipkan nama blog anda setiap selesai memberi komentar. Dengan cara ini tentu blog anda akan lebih cepat dikenal. Anggota member forum akan berbondong-bondong mengunjungi blog anda. Selain karenapenasaran,mungkin juga mereka ingin kenalan lebih jauh dengan anda.
• Membuat komentar di blog yang ramai dan usahakanlah jadi komentator yang pertama. Cara lainnya, cari blog yang ramai pengunjungnya dan begitu ada posting baru segera beri komentar. Dengan demikian banyak manfaat yang bisa anda dapat. Selain bisa berkenalan dengan pemilik blog, juga bertambah kawan dari blogger lainnya, dengan memberi komentar pertama, membuat komentar anda akan sering dibaca oleh pengunjung selanjutnya. Ingat, selain membaca artikel, pengunjung juga suka membaca komentar! Bila mereka tertarik dengan komentar anda, mereka tentu akan datang ke blog anda.
• Gabung dengan carnival blog. Blog komunitas jenis ini adalah blog yang terdiri dari beragam blog dengan beragam topic artikel. Bingung? Ingat ngak kalau pas ada karnaval lewat di muka rumah. Para pesertanya pasti bermacam-macam. Ada yang jadi tentara, petani, dan lainnya. Begitupun dengan blog jenis ini. Isinya beraneka-ragam. Dan kadang-kadang diformat seperti majalah. Dan dalam setiap edisinya terdiri dari berbagai tulisan dari berbagai blog. Ya gabung saja blog anda ke dalamnya. Salah satu contoh carnival blog seperti http://blogcarnival.com/bc.
• Bergabung dengan blog network. Untuk memperluas jaringan anda bisa juga manfaatkan blog network. Blog network yang cukup baik seperti http://www.b5media.com dan http://9rules.com.
• Daftarlah di blog directory. Agar pengunjung gampang menemukan blog anda, tidak ada salah mendaftarkan blog anda di blog directory. Banyak macam blog directory yang bisa anda pilih. Coba ketik di search engine kata “blog directories”, dan pilih blog directory yang ramai dan bonafid.
• Daftar di article directories. Artikel terbaik anda bisa didaftarkan di article directories. Sehingga lebih banyak lagi pembaca yang tahu tentang anda. Tunjukkan keahlian anda dalam tulisan tersebut, agar pembaca tertarik untuk melihat blog anda. Carilah article directories yang anda sukai di Google atau Yahoo
• Daftar di Google Sitemaps. Supaya blog yang anda buat dapat lebih famililar dengan Google, anda bisa memanfaatkan Google Sitemaps
• Berikan hadiah. Jangan pelit! Berikan pengunjung blog anda hadiah jika mereka mengunjungi blog anda, misalnya ebook atau yang lainnya, itu akan mempererat hubungan dengan pengunjung blog anda. Sehingga blog anda bisa lebih cepat ramai pengunjung
• Buat hubungan dengan blogger lain. Ini memang resep lama, namun tetap terbukti manjur. Punya banyak kawan akan sangat menguntungkan anda. Jalin hubungan dengan blogger lain. Kunjungi blog mereka dan beri komentar. Amati selalu perkembangan blog mereka dan beri tanggapan. Gunanya untuk menumbuhkan ikatan sesama blogger.
• Ikutlah mailing list. Milis juga dapat mendongkrak pembaca blog anda. Carilah milis yang sesuai dengan topik blog andan yang anggotanya banyak. Mencarinya di yahoogroups. Dan setelah bergabung aktiflah disana. Jangan hanya sekedar promosi blog anda saja yang dibuat, tapi juga bagikan wawasan anda.Bila mungkin, buatlah diri anda sebagai seorang master di milis tersebut, hingga tempat bertanya member lainnya. Dan yakinlah pasti nanti member itu akan berkunjung ke blog anda.
• Manfaatkanlah sosial media.Selain berteman dengan sesama blogger, media sosial juga dapat anda manfaatkan.Misalnya Facebook dapat anda gunakan untuk mencari dan mengumpulkan kawan-kawan lama anda. Friendster dan Myspace juga bisa anda coba
• Jawab di Yahoo Answer. Sesekali kunjungi Yahoo Answer dan jawab pertanyaan di sana. Selain untuk meningkatkan kredibilitas anda, juga anda akan lebih cepat terkenal.

Banyak kan yang bisa anda perbuat? Jadi buatlah jaringan hubungan yang luas agar makin banyak orang yang tetarik mendatangi blog anda. Lalu jaga hubungan baik biar mereka sering berkunjung ke blog anda. Jika sudah banyak yang datang, yakinlah kantong-kantong uang anda membengkak.

Yup….sampai disini dulu perjumpaan kita di blog bisnis internetnya..bye!

Baca Selengkapnya......

Selasa

Kreativitas, Membuat yang Serba Terbatas menjadi Tidak Terbatas

Met jumpa!

Pada posting hari ini kita akan membahas tentang kreativitas, harapan saya moga aja setiap artikel yang di tulis di blog belajar bisnis internet ini ada manfaat untuk kita semua,

Blog belajar bisnis ini, saya tujukan untuk anda yang benar2 ingin belajar bisnis internet dan ingin memulai bisnis internetnya, sebab seperti telah kita ketahui bersama, dewasa ini internet telah mulai booming di tanah air kita, rasanya akan sangat rugi klo anda tidak mengambil bahagian untuk ikut dalam dunia “maya “ yang penuh misteri ini…hehe..kayak cerita horor aja..

Oke deh!..kita lanjut aja belajar bisnis internetnya..tentang kreatifitas!!

Apa itu kreativitas ? ( setiap orang pasti tau deh…)

Dari sekian banyak buku tentang “jurus” pengusaha sukses yang telah saya baca, saya bisa simpulkan klo kreativitas itu adalah kunci utamanya. Apakah itu bisnis online ataupun bisnis offline, ya sama-sama harus kreatif. Kalau tidak, jangankan bertambah maju, untuk membuat bisnis bertahan aja sangatlah susah..

Kreativitas itu bisa diwujudkan dalam berbagai strategi dan perencanaan yang tepat. Misalkan modal sedikit bisa sukses asal kita kreatif memanfaatkan sumber daya yang ada disekeliling kita. Bisnis internet ini merupakan sumber daya kita yang terbatas. Asetnya cuma produk situs web dan relasi-relasi online, namun kreativitaslah yang membuatnya menjadi sumberdaya tanpa batas.

Nah..inilah yang namanya tantangan bisnis. Bagaimana caranya kita mendapatkan uang yang banyak dari sumber yang terbatas. Kira-kira begitu kan?

Bagi seorang pebisnis, memilih ladang usaha itu berarti investasi. Anda tentu mengharapkan investasi anda sukses. Sebab, uang akan terus masuk ke kantong anda. namun, jangan cepat senang jika investasi anda itu sudah menghasilkan uang. Sebab pasar bisa cepat berubah setiap saat.
Sebab itu, janganlah pernah berhenti!!.

Teruskan…lanjutkan… dan kembangkan sampai benar-benar menghasilkan keuntungan yang berlipat…berlimpah… dan terus meningkat…

Jadi , jangan berhenti hanya sampai di sini! Kembangkan terus ! Investasikan kembali keuntungan-keuntungan yang telah didapat itu.

Ini sangatlah penting bagi para blogger dan pebisnis internet. Kesuksesan anda tergantung pada investasi asset-aset bisnis online anda, banyak keuntungan yang anda dapat, dan biaya pemeliharaan situs web yang anda keluarkan. Jadi, sementara anda terus memelihara satu situs, maka anda harus terus merencanakan membuat produk baru lagi.

So, di sinilah pentingnya kreativitas. Dapatkan sesuatu yang baru lagi. Dan, yang jelas berbeda dari produk yang sudah ada.

Dalam mengembangkan situs web, anda dapat pelajari situs-situs web yang sudah ada. Dan melihat perkembangan diri sendiri itu juga sangatlah perlu untuk merangsang kreativitas anda. Coba pikirkan dengan teliti, kira-kira situs anda memberikan keuntungan besar atau tidak? Dan adakah spesifikasi produk yang menjadi sumber utama telah benar-benar penghasilan?

Bila iya, maka saatnya anda untuk konsisten menjalankannya. Dan sebaliknya jika tidak, jual saja situs anda !

Oh ya, investasi itu bukan hanya dalam bentuk produk atau relasi online. Waktu yang anda gunakan untuk berpikir, menyusun strategi dan perencanaan itu juga bentuk dari sebuah investasi. Karena itu lakukanlah dengan serius!. Sebab itu adalah awalnya apakah situs web anda bisa menjadi sumber duit. Jadi, luangkan waktu anda untuk mencari ide-ide baru untuk pengembangan situs web Anda. Ide bisa didapat dari membaca buku-buku,mengobrol dengan kawan-kawan, atau mungkin lagi jalan-jalan. Pada prinsipnya, setiap waktu jangan biarkan otak anda mogok berpikir…

Ini satu lagi agar anda bisa terus kreatif.

Masih ingat 20 Timeless Money rules yang pernah dimuat CNN? Saya anjurkan anda membacanya. Nah, ketika anda membaca 20 Timeless Money Rules, lakukanlah 3 hal ini:

• Coba hubungkan prinsip-prinsip dalam 20 Timeless Money Rules dengan cara anda mengelola situs web saat ini. Pelajarilah semua informasi penting yang anda temukan. Saya percaya anda akan menyerapnya dan menyesuaikan dengan gaya anda. Nah, ini yang menarik! Sebab anda jadi punya tips yang unik.

• Buatlah prinsip-prinsip itu relevan. Lakukan introspeksi dan refleksikan pada kebiasaan anda. Cocokan prinsip itu dengan selera anda. Ini cara yang paling baik supaya anda gampang menyerap dan mengerti informasi ini.

• Praktekkan prinsip-prinsip tersebut. Pilihlah satu prinsip yang bisa dengan segera diterapkan pada situs anda. Dan, jangan lupa terapkan juga pada kehidupan pribadi anda. Langsunglah beraksi setelah anda selesai membaca artikel itu. Bertindak cepat dan segera itu penting agar informasi yang berguna tadi tidak hanya menjadi sampah di otak anda.

Cara-cara di atas bisa menyegarkan pikiran anda. Saya sudah merasakan hasilnya. Saya terus punya ide-ide baru. Dan, bisnis saya semakin maju.

Oke, selamat mencoba! Dan, pasti anda bisa jadi lebih baik dari sebelumnya. Dan sampai jumpa lagi diwaktu mendatang di blog belajar bisnis internet ini ….!!


Baca Selengkapnya......

Jumat

Menerima Resiko dengan Pintar (2)

Hello …

Jumpa lagi dalam blog belajar bisnis internetnya Mari kita teruskan pembahasan posting terdahulu tentang bagaimana menyikapi resiko secara pintar .

Barangkali kita banyak menghabiskan waku membaca buku-buku, mendengarkan program audio, serta mengikuti berbagai seminar internet marketing. Kesemuanya memang menyita banyak waktu. Namun sedikit banyak setiap kegiatan itu akan membantu membangun hal yang baik/positif didalam diri kita.

Keinginan kita untuk terus belajar tak jarang memunculkan inspirasi baru dalam mengembangkan bisnis yang kita punya. Hingga berlanjut melalui action nyata, inspirasi itu menjadi gebrakan yang bisa mengubah hidup kita untuk selamanya. Kombinasi antara pengetahuan dengan tindakan nyata akan memacu kehidupan kita untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Sebab itu, hampir setiap minggu, toko buku menjadi tempat kunjungan wajib keluarga. Setiap anggota keluarga bisa memilih buku yang diminati. Jika saya biasanya memilih buku-buku untuk mengembangkan bisnis. Sedangkan anak-anak, biasanya suka pilih novel dan buku-buku humor dsb

Di samping itu, kehausan saya untuk mengembangkan bisnis ditumpukankan dalam hardisk komputer saya yang sampai penuh-sesak oleh ribuan e-book, audio, dan video seputar bisnis internet marketing. Dan sebagian besar merupakan hasil pembelian. Saya sangat percaya, investasi yang saya keluarkan untuk membeli buku, e-book, audio, dan video itu akan balik modal. Pengetahuan yang saya dapat untuk pengembangan bisnis dan bisnis internet jauh lebih berharga dibanding uang yang telah saya bayarkan.

Saya yakin, pengetahuan menjadi bekal yang berharga untuk bertindak secara cepat dan tepat. Oleh sebab itu, di saat padatnya aktivitas rutin yang saya kerjakan, sedapat mungkin setiap hari saya uahakan untuk menangbah pengetahuan yang saya miliki.

Selain tanpa henti belajar dan beraksi, kunci untuk menyikapi resiko secara pintar ialah dengan melihat jauh ke depan.

Saat membicarakan tentang rencana bisnis, saya tidak hanya berpikir satu atau tiga tahun kedepan. Namun lebih jauh dari itu, saya memikirkannya bahkan untuk sepanjang hidup saya nantinya. Saat saya berniat untuk melakukan sesuatu, saya membiasakan bertanya dulu pada diri sendiri,”Apa perbedaan hasil dalam beberapa belas tahun mendatang kalau saya melakukan ini sekarang?”

Walaupun misalnya hasil yang didapat hari ini tidaklah terlalu besar, namun saya tetap semangat dan percaya bahwa apa yang sudah saya kerjakan ini akan terus meningkat sampai nantinya akan menjadi seperti yang saya harapkan.

Kalau kita tidak berbuatkan apapun hari ini, bukan berarti kita aman-aman saja. Yang jelas kondisi kita akan tetap seperti sekarang atau bahkan mungkin akan lebih buruk. Tidak bertindak apa-apa bukanlah berarti aman atau tidak akan berakibat apapun. Namun berdiam diri adalah cara paling pasti untuk tidak berubah kearah yang lebih baik. Berdiam diri itu termasuk cara negatif karena itu perlu anda dihindari.

Itulah kenapa penting untuk menanamkan kebiasaan baik dalam berusaha meningkatkan kualitas hidup. Dalam jangka pendek, barangkali usaha yang kita kerjakan seperti sebuah perjuangan yang amat berat dan tak jarang dipenuhi dengan rasa sakit. Kita mungkin jatuh-bangun dalam usaha yang telah kita kerjakan. Namun, dengan berbekal sikap optimis kita harus berdamai dengan kekecewaan dan kemudian cepat bangkit kembali untuk menyongsong kesuksesan.

Kegagalan yang kita alami bukanlah untuk diratapi. Tetapi untuk dipelajari supaya kita tidakk terjatuh pada “lubang” yang sama dua kali.

Sebuah hal penting yang akan menjaga kita agar supaya tidak mundur dari kegagalan yang muncul bertubi-tubi ialah kebiasaan berpikir jangka panjang. Target jangka panjang yang direncanakan itu kemudian kita wujudkan dengan perubahan-perubahan kecil yang dilakukan setiap hari. Umpamanya kebiasaan untuk lebih disiplin, lebih berani, lebih kuat dalam menghadapi berbagai tantangan, dan lebih bersemangat dalam melakukannya.

Dengan kebiasaan berpikir jangka panjang yang diwujudkan dalam langkah-langkah sederhana setiap hari itu pastilah hasilnya akan menakjubkan. Sukses luar biasa akan anda dapatkan!

Banyak orang yang gampang terayu untuk cepat kaya tanpa berusaha. Pikiran jangka pendek yang memenuhi pikiran membuat kita cepat letih jika hasil yang dicapai tak sesuai dengan keinginan. Sebab itu berpikirlah jangka panjang. Dan jangan gampang menyerah di saat-saat awal anda memulai bisnis atau bisnia internet!

Kondisi di awal berbisnis memang sangat sulit. Sebab anda harus bekerja keras dengan pengetahuan yang mungkin minim, tapi sekaligus berupaya mendapatkan sedikit hasil sebagai pembuktian. Yah begitulah hidup. Hidup tak pernah mudah di awal-awalnya. Seperti disaat anda belajar merangkak dan berjalan sewaktu masih kecil. Berkat tekad yang tak pernah padam dan usaha tanpa kenal lelah, akhirnya anda bisa melakukannya khan?.

Barangkali anda telah memulai bisnis setahun, tapi penghasilan yang anda dapat mungkin masih lebih kecil dibanding bila anda bekerja untuk orang lain. Barangkali juga banyak orang yang merasa sulit untuk menerima rencana sukses jangka panjang anda. Juga mungkin anda sendiripun ikut menertawakan diri sendiri bila melihat bisnis yang anda lakukan dengan kacamata jangka pendek. Bahkan juga barangkali tidak sedikit orang yang mencemooh ide “gila” anda ini.
Pikiran jangka pendek dan ketakutan menempuh resiko memang banyak dipelihara oleh orang di muka bumi ini. Tetapi bukan untuk anda yang siap menerima sukses luar biasa!

Saya juga dahulu mengalami tantangan yang sama. Tetapi jika saya dulu, ketika menghadapi ketakutan yang sama untuk menghadapi semua tantangan ini, saya tinggal tutup mata dan tempuh resiko itu dengan pintar. Saya terus meyakinkan diri bahwa kesulitan dan sindiran orang-orang itu tidak akan mampu membuat saya menyerah kalah. Bahkan sebaliknya hal itu akan membuat semangat saya makin berkobar. Saya tak pernah takut sebab saya yakin apa yang saya lakukan akan menghasilkan sukses luar biasa. Ini hanya soal waktu saja. Dan waktupun telah membuktikannya pada saya.

Pesan saya, izinkan diri anda untuk bekerja lebih giat lagi dengan tetap memperbaharui pengetahuan anda, dan temukan sedikit hasil sebagai pembuktian, tapi tetap memandang positif dengan rencana jangka panjang anda. Ngak ada yang ngak mungkin asal anda teguh dengan aksi untuk mencapai rencana jangka panjang anda!

Oke..sampai disini dulu ya!..kita jumpa lagi nanti di blog belajar bisnis internetnya..bye!


Baca Selengkapnya......

Selasa

Menerima Resiko dengan Pintar (1)

Hallo semua !


Jumpa lagi di blog belajar bisnis internetnya, pada artikel kali ini kita akan membicarakan tentang “resiko”,

Mendengar kata resiko, apa yang terbayang dalam pikiran anda? Tentu sesuatu yang menakutkan, tak menyenangkan, kondisi tak nyaman, dan sekeranjang kata lainnya yang jauh dari perbendaharan kata idaman anda.

Disebabkan itu tidaklah heran jika banyak orang menganggap resiko selalu bermakna negatif. Membawa keburukan, tak ada manfaatnya, oleh sebab itu patut dihindari bahkan kalau perlu dijauhi.

Padahal, kalau kita mau menyadari, hidup ini tak pernah lepas dari resiko. Resiko telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Contoh kecil saja, misalnya waktu kita sedang berjalan di pinggir jalan, kita akan beresiko kesempret kendaraan atau terperosok ke dalam lubang got. Saat kita sedang asyik minum kopi kesukaan, kita beresiko ketumpahan kopinya. Dan banyak lagi contoh lainnya yang menegaskan kalau hidup kita sangat dekat dengan berbagai resiko.

Namun walaupun itu nyata dalam hidup ini, anehnya tak banyak orang yang suka dengan resiko. Kebanyakan lebih suka menjauhi bahkan menghindarinya.

Apakah betul resiko perlu kita takuti dan hindari?

Kalau menurut saya tidak. Bahkan sebaliknya, kita malah perlu mengenal resiko dengan baik. Sebab dengan mampunya mengenali resiko secara baik, diharapkan kita dapat mengelola resiko ituk secara cepat dan tepat.

Dan juga menurut saya, resiko tak selalu dimaknai negatif. Sebab resiko juga punya sisi baik. Ia malah memacu kita untuk hidup lebih baik. Tak hanya monoton dari hari ke hari hanya begitu-begitu saja. Tapi ada peningkatan yang menegaskan bahwa kita di dunia ini “benar-benar hidup”. Tanpa henti selalu berusaha meningkatkan kualitas diri kita.

Kalau dalam bisnis, resiko itu adalah peluang emas untuk mencapai sukses. Resiko akan mengajari kita untuk mengembangkan modal yang dimiliki agar makin lama makin besar. Investasi yang kita tanamkan dicambut oleh resiko agar tak menciut.

Seperti saya bilang di atas, kita perlu mengenal resiko dengan baik. Agar kita bisa mengelolanya secara tepat dan akurat. Untuk bisa melakukan itu semua, ada satu jurus yang perlu kita kuasai. Sederhana saja, tak rumit dan tak perlu pakai bersemedi di gunung kidul hehe... Yang kita butuhkan adalah Menerima Resiko dengan Pintar.

Apa itu maksudnya?

Praktisnya begini! Anda tinggal membandingkan antara kemungkinan hasil yang paling buruk dengan kemungkinan hasil yang paling baik yang akan anda terima. Bila kemungkinan hasil terbaik yang anda dapatkan sangat menjanjikan dan sementara hasil paling buruknya tak terlalu berat dan tidak mengancam keselamatan anda, maka jangan tunda lagi sudah saatnya anda mengambil kesempatan itu.

Misalnya begini. Saya berniat untuk melakukan optimasi situs web. Dan saya berniat meluangkan waktu satu jam untuk mengamati jumlah pengunjung dan melakukan pembenahan di layoutnya. Nah apa kira-kira resiko yang bisa terjadi? Yah paling-paling pendapatan saya akan turun seandainya saya melakukan kesalahan yang kemudian akan membuat situs web saya tak bisa diakses. Dan saya yakin kesalahan itu bisa dibetulkan dalam satu jam saja atau cara paling praktisnya tinggal mengembalikannya pada tampilan sebelumnya. Jadi potensi paling buruknya paling-paling saya hanya kehilangan waktu satu jam dan kehilangan sejumlah uang gara-gara situs web tidak bisa diakses. Dan untungnya saya pun bisa belajar hal-hal baru disebabkan kesalahan saya mengutak-atik layout tadi.

Jadi kira-kira apa kemungkinan hasil terbaiknya? Sangat luar biasa!. Dengan tampilan yang baru sangat mungkin akan meningkatkan penghasilan saya berikutnya. Dan ini hanya membutuhkan investasi waktu hanya satu jam!

Dan ini sudah saya coba. Sejak tampilan situs web saya ganti menjadi lebih baik, dan income saya pun meningkat hampir dua kali lipat dari sebelumnya.

Itu artinya saya dapat menggunakan waktu lebih cepat dan effisien untuk menghasilkan uang lebih banyak. Tak bisa dibayangkan kan berapa keuntungan yang diraih dengan Menerima Resiko dengan Pintar seperti di atas? Barangkali hanya orang yang benar-benar takut dengan resiko yang tak mau mengambil kesempatan seperti ini.

Hampir sama dengan prinsip di atas, saya akan menambahkan prinsip untuk menyikapi resiko secara pintar. Jika ada sebuah kesempatan yang resiko terburuknya bersifat terbatas dan statis, sedangkan potensi keuntungannya tiada batas, segeralah rebut kesempatan ini. Sebab bila tidak, anda akan kehilangan kesempatan emas untuk meraih keuntungan yang lebih besar. Pendapat saya, lebih baik melakukan kesalahan yang kecil daripada membiarkan kesempatan besar di depan mata.

Coba perhatikan contoh-contoh sederhana pengambilan resiko secara pintar dibawah ini:

• Berani meminta kenaikan gaji atau promosi kepada bos anda. (resiko terburuknya paling-paling bos (pimpinan) anda hanya menolak permintaan anda, sementara hasil terbaiknya anda akan bisa menikmati kenaikan gaji atau kenaikan jabatan dan seterusnya.)
• Berani mengajak seseorang untuk berkencan (resiko terburuknya paling-paling permintaan anda ditolak, sedang hasil terbaiknya anda akan bisa mendapatkan pasangan hidup anda sampai akhir hayat nanti.)
• Berani memulai bisnis online anda (resiko terburuknya anda hanya akan kehilangan sebahagian kecil waktu dan uang anda, sementara hasil terbaiknya hidup anda bisa berubah menjadi lebih baik untuk selamanya.)
• Berani bergabung dengan suatu perkumpulan/grup. (resiko terburuknya anda akan membuang waktu, sementara hasil terbaiknya anda bisa punya banyak kawan dan banyak lagikeuntungan lainnya )

Nah apakah sekarang anda masih berpikir kalau resiko itu sesuatu yang mengerikan?

Oke!...sampai disini dulu perjumpaan kita di blog belajar bisnis internet ini, dan kita ketemu lagi nanti dengan topik-topik yang lebih menarik lagi bye bye!!...


Baca Selengkapnya......

Minggu

Kawan adalah Aset yang Sangat Berharga

Jumpa lagi !

Hai sahabat kita ketemu lagi pada blog belajar bisnis internetnya, kali ini kita akan membahas tentang “kawan adalah aset yang sangat berharga”, Tentu siapa saja bisa sukses asal fokus dan bekerja keras.

Namun, apakah hanya itu saja yang anda butuhkan agar supaya sukses didalam bisnis internet?
Tentu saja jawabannya, tidak! Sebab, untuk mengembangkan bisnis di bidang ini, anda memerlu teman. (dalam bisnis offlinepun anda juga perlu teman, perlu relasi, perlu koneksi dll).

Untuk lebih jelasnya, saya akan cerita sedikit. Beberapa waktu lalu seorang teman membuka rumah makan ampera di sekitar kampus. Kedainya tidak terlalu besar dan target marketnya terutama mahasiswa.

Sebab di sekitar kampus telah banyak rumah makan ampera berdiri, sudah pasti persaingan berlangsung sangat ketat. Teman itu telah menciptakan strategi pemasaran yang baik, misalnya, menu-menunya berbeda dari kedai nasi yang lainnya.

Namun, tidak banyak mahasiswa yang mampir. Anda tahu sendirikan, yang namanya mahasiswa itu perhitungan. Lebih baik memilih di kedai nasi langganannya yang sudah terbukti enak dan murah dari pada coba-coba di tempat lain dan malah kecewa. Lagi pula, umumnya orang-orang pasti berpikir ”kedai yang sepi pasti masakannya nggak enak atau terlalu mahal?”

Nah…, teman itu mencoba memanfaatkan semua kawan-kawan dan relasi yang ia punya. Ia pun memberi tahu pada kawan-kawannya kalau ia telah membuka warung baru. Hasilnya, setiap kawan-kawannya melewati warung nasinya pasti mereka mampir dan coba memcicipi masakannya. Nah, dari situ warungnya punya daya tarik. Mahasiswa di sana ikut-ikutan penasaran. ”kenapa ya kok warung itu ramai?” Hasilnya kini warungnya itu menjadi salah satu yang paling laris disana.

Sedangkan dalam bisnis internet juga begitu. Sebagai contoh kita sebut saja Truemors dan Pownce. Diwaktu awal launching, kedua situs web ini langsung mendapat pengunjung yang lumayan. Padahal iklannya pun belum begitu gencar.

Kenapa bisa begitu?

Setelah diusut, ternyata si empunya situs web ini adalah Guy Kawasaki dan Kevin Rose. Mereka berdua ini dikenal punya banyak kawan dan relasi. Ketika situs web mereka di-launching, mereka hanya tinggal promosi saja ke kawan-kawannya. Mulai dari sana, pengunjung internet lain juga ikut-ikutan tertarik.

Lalu bagaimana cara memanfaatkan kawan-kawan anda untuk menghasilkan uang? Atau pertanyaan lainnya bagaimana membuat kawan-kawan anda “lengket” dengan anda seperti yang telah dilakukan Kawasaki dan Rose?

Nah…sebelum saya jawab, saya mau sharing dulu. Menurut buku-buku yang saya baca selama ini, pada prinsipnya, teman dalam bisnis internet ini portable alias bisa dibawa kemana aja (hehe…kayak flashdisk ). Maksudnya, kalau kawan atau relasi itu sudah mempercayai kita, dia mau berbuat apa saja. Maka dari itu, jaga kepercayaan dari kawan atau relasi dengan sebaik-baiknya.

Ya di acara club atau arisan kalau di dunia nyata. Sedangkan di internet ya di komunitas online. Mereka (relasi atau kawan anda) adalah pembuka jalan kesuksesan untuk anda. Karena mereka bukan hanya sekedar kawan bagi anda, tapi juga bisa dijadikan konsumen dan agen iklan. Bukan hanya untuk sesaat saja, tetapi juga untuk seterusnya.

Jadi, sebarkan dan luaskan jaringan anda setiap hari. Bila sekarang anda punya 8 ribu kontak didalam daftar alamat anda, luaskan terus sampai seluruh warga internet di seluruh penjuru dunia bisa anda kenal.

Untuk berkenalan, ikut mailing list (milis) adalah cara paling mudah. Bergabung dalam milis setidaknya anda akan mendapat kenalan-kenalan baru yang lumayan banyak. Nah, kalau sudah dapat banyak kawan, renungkan/pikirkan apa yang akan anda lakukan dengan orang-orang itu?
Seperti tadi telah saya katakan, anda bisa menjual produk anda kepada mereka. Jadikanlah mereka konsumen anda!

Dan jangan lupa agar terus memelihara hubungan baik dengan mereka. Sebab itu penting memberi ”penghargaan” pada mereka. Jangan hanya memikirkan keuntungan sendiri. Berikan hadiah-hadiah kecil. Misal e-book atau artikel-artikel menarik untuk mereka.

Bak kata orang bijak, jika anda baik pada kawan, maka kawan juga akan baik pada anda. Begitu juga sebaliknya.

Anda setuju ? Okelah…sampai disini perjumpaan kita di blog bisnis internetnya,bye !!


Baca Selengkapnya......

Selasa

Artikel-artikel Penting untuk Mempertahankan Populeritas Blog Anda

Hello Bro!

Bagaimana dengan bisnis internetnya , sudah jalan ya? …dah banyak pengunjung tentunya :)…, pada artikel di blog belajar bisnis internet kali ini saya akan posting tentang cara mengikat pengunjung agar tetap menjadi pembaca setia blog kita.

Seumpama tubuh, blog juga punya tulang utama yang akan mempertahankan kelangsungan hidupnya. Tahukah anda apa maksudnya? Ya, artikel dan postingan-postingan anda.

Bila anda tidak menjaga dengan baik tulang penyangga ini, maka blog anda akan runtuh, sangat mungkin anda akan kehilangan pengunjung setia anda.

Intinya, tentu pengunjung tidak akan buang waktu percuma untuk membaca artikel diblog kita, klo isinya tidak menarik dan bermanfaat. Jadi semaksimal mungkin kita harus memproduksi tulisan atau artikel yang menarik dan bermanfaat. Sehingga kita tidak perlu merasa kawatir blog kita akan sepi pengunjung. Sebab pengunjung akan selalu setia untuk mengunjungi blog kita. Dan blog kita tentu akan semakin populer sebab banyak orang yang penasaran dan ingin tahu, “Apa sih isi blognya kok banyak orang yang suka?”

Oke deh..kita akan langsung aja buat tulang penyangga yang kuat untuk blog kita (ya..maksudnya tulisan dan artikel yang spektakuler ). Sebab artikel/tulisan yang hebat/spektakuler ini akan bisa melakukan banyak hal seperti…

• Merangkul pengunjung baru dan menambah backlink di blog anda.
• Menjadikan blog anda terkenal, hingga banyak orang yang merekomendasikan blog anda untuk dikunjungi.
• Search engine senang menampilkan blog anda dihalaman utama pencarian.
• Membuat blog anda selalu relevan.

Sekarang tentu anda bertanya-tanya “bagai mana membuat tulang utama blog yang kuat dan kokoh?”. Anda tidak perlu bingung, tulang yang kokoh itu biasanya memiliki tulisan/artikel seperti dibawah ini…

1. Artikel “How-To”. Artikel seperti ini berisi solusi suatu permasalahan. Dan biasanya artikel ini punya judul yang umumnya berawalan “Bagaimana…”. Dalam menulis jenis artikel yang satu ini anda harus memikirkan cara bagaimana pembaca melakukan hal Z atau menyelesaikan masalah Z. Intinya, anda harus benar-benar mengerti apa yang anda tulis. Pastikan anda benar-benar memahami hal Z, dan benar-benar mempraktekkan hal Z ini. Artinya anda benar-benar berpengalaman di hal Z.

2. Artikel definisi. Dengan membuat artikel definisi berarti anda harus punya bekal yang cukup untuk menjelaskan suatu pokok permasalahan. Jadi, tidaklah heran kalau yang membuat artikel sejenis ini biasanya sudah berpredikat ahli. Sebab artikel ini biasanya berisi tentang penjelasan istilah atau menceritakan sejarah tentang suatu hal dan masalah.
Kalau anda ingin membuat artikel definisi Z ini misalnya. Bisa atau boleh saja anda menambahkan link ke situs web lain (misal wikipedia) untuk menerangkan tentang Z. Tetapi, jauh lebih baik anda membuat definisi anda sendiri. Kenapa? Supaya, pembaca tidak beralih dari blog anda.
Untuk membantu kerja anda dalam membuat definisi Z, anda bisa menggambarkan konsep Z dengan cara-cara dan kata-kata anda sendiri. Bisa juga anda tambahkan pendapat anda tentang Z. Kalau perlu anda bisa menambahkan definisi anda dengan cerita unik yang pernah anda alami berkaitan dengan Z.
Menariknya, trik penulisan artikel seperti ini bisa menambah kredibilitas dan kepercayaan pengunjung/pembaca terhadap blog anda. Selain itu, para newbies biasanya paling gemar mencari jenis artikel ini. Karena mereka perlu tahu hal-hal yang mendasar. Jadi, paling tidak blog dengan artikel seperti ini sudah punya pangsa pasar sendiri.

3. Artikel opini. Jenis artikel ini sangatlah cocok untuk anda yang mempunya blog bertema politik. Sebab anda bebas berpendapat tentang segala macam teori. Terserah anda mau tulis atau ngomong apa… isu-isu terbaru di dunia, pendidikan, ekonomi, industri, pertahanan negara, dsb. Atau mungkin juga komunisme, demokrasi, maupun kapitalisme boleh anda kupas habis-habisan.
Namun, ingat! Anda perlu menghadirkan pemikiran anda sendiri yang unik di tulisan anda. Jangan hanya mengutip pendapat orang lain aja. Tapi, kemukakan juga pendapat anda dan rangsang sebuah diskusi. Membuat suatu kontroversi juga sah-sah saja di sini hehe….

4. Tulis e-course gratis. Ya… namanya juga e-course berarti anda mengajarkan orang melakukan/ membuat sesuatu dan ini gratis anda berikan untuk pengunjung blog anda. Umpamanya, blog anda bertema fashion. Anda bisa buat e-course “Buat celana favorit dengan tangan anda sendiri!” anda bisa menguraikan di dalamnya bagaimana membuat celana model cubrai, pipa lurus, pensil, bootcut ataupun capri.
Tahukah anda kalau blog yang memberi tips-tips seperti ini biasanya banyak diminati pengunjung? Ya, wajar aja wong gratisan….
Anda bisa membuat e-course ini dalam bentuk e-book kecil 3-10 halaman dengan format PDF yang bisa didownload. Atau, anda membuatnya dalam bentuk artikel berseri di blog anda. Hampir mirip dengan jenis how-to artikel, yang terpenting dalam konsep e-course anda harus punya solusi komplit atas sebuah permasalahan umum.

5. Artikel Bentuk Daftar. Jenis artikel ini biasanya berjudul ”5 cara…, 6 Langkah…, 3 trik…, dll.” Apa sih menariknya membuat artikel macam ini?
Ada dua alasan. Pertama, orang lebih gampang mencerna isi tulisan jika inti sari tulisan anda sudah tersedia dalam daftar. Kedua, artikel bentuk ini sering mempunyai link ke blogger lain. Jadi, kita mudah menambah traffic pengunjung dengan tulisan ini. Blog anda akan makin ramai!
Nah, sama seperti jenis artikel yang lainnya. Dalam betuk tulisan/artikel ini anda masih harus mempertahankan gaya cerita anda yang unik dan keaslian pendapat anda. Jangan lupa pula… materi pemecahan masalah (problem solving) harus selalu anda sajikan untuk pembaca.

6. artikel teknis. Bentuknya hampir mirip dengan bentuk e-course gratis, artikel teknis lebih fokus pada penyelesaian masalah dengan cara step by step (selangkah demi selangkah).Biasanya para pemilik blog tema teknologi suka dengan penulisan model ini. Selain itu, mereka juga sering menggunakan grafik dan gambar untuk mengentaskan satu masalah.

Kadang-kadang gambar (visual) itu lebih mampu berbicara dari pada kata-kata. Jika anda satu waktu kesulitan menjelaskan sesuatu, anda boleh menggunakan cara ini. Pasang saja gambar!

Anda sudah pilih jenis artikel mana yang bisa memperkokoh blog anda? Ingat, dengan menulis satu artikel tiap hari berarti anda sudah punya tulang-tulang kokoh untuk melarikan tubuh blog anda menuju kesuksesannya.

Nah…sekarang, apalagi yang anda tunggu? Tentukan saja jenis tulisan/artikel anda. Then, IMPROVE it! Perbaiki semua kekurangan anda dalam menulis. Dan taklukkan pembaca dengan gaya dan ide-ide brilian anda!

Selamat menulis….sampai disini dulu artikel kali ini, kita jumpa lagi lain waktu dengan tulisan yang berbeda di blog belajar bisnis internet ini bye ..!!


Baca Selengkapnya......

Minggu

Saatnya Mulai Bisnis Internet dan Raih Kekayaan Terus Menerus ! (2)

Jumpa lagi!

Kita lanjutkan kembali postingan “Saatnya Mulai Bisnis Internet dan Raih Kekayaan Terus Menerus ! (1)”. Bagi anda yang belum sempat baca bagian 1 nya, ya…sebaiknya dibaca dululah biar lebih semangat lagi untuk mulai bisnis internetnya.

“Hidup adalah sebuah pilihan “. Begitu juga dalam berbisnis, anda dihadapkan dengan berbagai pilihan. Termasuk juga pilihan memakai media internet atau tidak. Bila anda memilih menggunakan internet, itu artinya pilihan anda sudah sangat tepat.

Pada masa sekarang, mau atau tidak dalam berbisnis harus mempergunakan media internet. Karena ! jangkauan yang luas dan kecepatan meraih pasar yang besar hanya bisa disediakan internet. Seperti yang telah saya tulis pada postingan yang lalu bagaimanapun juga bisnis internet telah menjadi primadona dibandingkan denga bisnis lainnya.

Bisnis dewasa ini, harus diakui tidak terlepas dari keterlibatan internet. Jadi siapa saja yang menguasai pertempuran di dunia “maya” ini, maka ia akan memenangan persaingan dalam berbisnis apa saja. Nah ingin tahu caranya?

Pertama anda perlu punya situs web atau blog dulu, yang menampilkan produk atau bisnis yang anda miliki. Jadi dengan begitu tentu seluruh dunia akan bisa mengetahui bisnis anda. Situs web atau blog ini memungkinkan untuk membangun kerajaan bisnis anda diseluruh dunia.

Sedangkan untuk membuat situs web atau blog ini biayanya tergolong murah. Hanya sekitar Rp 400 ribu ( untuk membeli domain dan hosting ) dalam jangka satu tahun. Dengan biaya yang segini anda sudah bisa memajang dan mempromosikan produk anda keseluruh dunia selama 24 jam full, tanpa perlu anda tunggui seperti toko offline. Dan klo diamati biaya domain dan hosting juga sekarang sudah lebih murah dari pada dulu.

Mempergunakan internet adalah langkah tepat dalam memulai bisnis anda, mungkin anda ragu-ragu untuk memulainya, namun anda akan tercengang melihat hasilnya dikemudian hari. Anda akan tercengang melihat banyaknya calon pelanggan yang berkunjung ke situs web atau blog anda, mungkin untuk melihat produk anda atau hanya sekedar tukar pikiran dalam berbisnis.

Tunggu dulu! Bukan hanya itu, calon langganan atau pembeli bisa juga mempelajari produk anda dengan lebih detail. Mereka akan tahu tentang produk anda, mulai dari harga, keunggulan dsb. Kalau anda tidak punya situs web atau blog, tak akan terbayangkan betapa lelahnya anda menerangkan semua hal tentang produk anda kepada setiap orang yang menanyakannya.

Nah…bila anda sudah punya situs web atau blog, langkah kedua adalah dengan beriklan. Promosi di internet jauh lebih murah bila dibandingkan dengan beriklan di media lainnya, apalagi jangkauannya yang sanggup mencapai seluruh penjuru dunia, maka promosi lewat internet hemat biaya dan hasil luar biasa.

Dengan berpromosi atau beriklan, anda bisa memperbanyak arus pengunjung yang mampir di situs web atau blog anda. Ini perlu sekali untuk meningkatkan penjualan produk anda.

Masih ragu ?

Nah …logikanya begini! Semakin banyak pengunjung yang datang ke situs web atau blog anda, maka sangat besar peluang produk anda akan laris manis. Umpamanya dari 100 pengunjung, cuma satu orang saja yang membeli. Maka dengan berpromosi atau beriklan akan melipat gandakan jumlah pengunjung yang datang. Yang penting anda harus meningkatkan citra produk dan bisnis anda di internet, hingga bisnis anda semakin meluas di internet.

Sekarang coba anda bayangkan berapa banyak biaya yang anda keluarkan untuk berpromosi atau beriklan ditempat lain. Contohnya beriklan di TV nasional dengan durasi sekitar 1 menit membutuhkan biaya sekitar RP 20 juta atau beriklan di koran nasional untuk satu halaman penuh membutuhkan biaya sekitar Rp 400 juta. Sedangkan di internet anda bisa melakukannya dengan biaya yang jauh lebih murah dan hasil yang jauh lebih menguntungkan.

Tidak mengherankan, internet sekarang menjadi pilihan yang paling tepat. Apapun produk anda coba anda bayangkan andaikan anda memiliki pembeli dari seluruh penjuru dunia. Produk anda akan laris manis melebih “teh panas di musim dingin” hehe.. Dan satu-satunya media yang bisa melakukannya hanyalah internet.

Bila anda sebagai calon pelanggan atau pembeli, rasanya anda juga akan merasa senang memakai media internet untuk mencari produk yang anda inginkan. Coba bayangkan mana yang paling gampang dilakukan, bertanya kian kemari untuk mendapatkan informasi tentang produk yang anda butuhkan atau mencarinya via internet? Nah jawabannya pasti internet!

Masih ada cara lainnya? Oke! Baca aja artikel yang ada diblog bisnis intenet ini :)

Yang pasti! Tidak ada kata terlambat dalam memulai bisnis internet ini. Kata terlambat hanya ada bagi mereka yang tak mau memulai dan terlalu cepat menyerah pada nasib.

Sampai disini dulu perjumpaan kita di blog belajar bisnis internet ini. Mari action dan mulailah bisnis internet anda !


Baca Selengkapnya......
Template by : kendhin ScriptMurah